• Mengenal Bentuk Waktu (English Tenses)

    Memahami Bentuk Waktu dalam Bahasa Inggris (English Tenses) itu penting. Dengan menguasai bentuk-bentuk waktu yang ada dalam Grammar Bahasa Inggris, kita akan mengetahui pola kalimat apa yang harus digunakan dalam berbicara (English Conversation) dan menulis (English Writing).

    #Tenses dan 3 Dimensi Waktu

    Pembelajaran Tenses dalam Bahasa Inggris dikaitkan dengan adanya 3 dimensi waktu yang kita alami didunia ini; Waktu Lampau [past time], Waktu Sekarang [present time] dan , Waktu yang akan datang [future time].

    Semua bahasa di dunia jelas mengenal bentuk waktu itu dan masing-masing bahasa di dunia jelas memiliki metode susunan kalimat sendiri dalam mengungkapkan sesuatu yang berkaitan dengan waktu.
    Dalam Bahasa Indonesia, kita mengenal bentuk-bentuk waktu itu walaupun tidak diberi penekanan dalam bentuk kajian atau pembelajaran khusus pembelajaran bentuk waktu seperti yang terjadi di Grammar Bahasa Inggris oleh karena, ketatabahasaan bahasa Indonesia hanya mengenal bentuk waktu dalam bentuk Kata Keterangan Waktu (Adverb of Time).

    Contoh:
    Saya akan berangkat ke singapura besok.

    Pada contoh diatas, bahasa Indonesia menandai (baca: determiner of tense) bentuk waktu (tenses) melalui kata-kata tertentu dan kata keterangan waktu. Dengan kata lain, kata [akan] identik dengan sesuatu yang akan terjadi dimasa mendatang (Future time). Dan, ini diberi penekanan lagi dengan kata keterangan waktu berupa kata [besok] yang juga berkaitan dengan masa mendatang (Future time).

    Contoh lain:
    a. Saya menemui anak itu sekarang.
    b. Saya menemui anak itu kemarin.

    Kedua kalimat diatas mengandung bentuk waktu. Pada kalimat (a) bentuk waktu diperlihatkan/ditandai (determiner of tense) oleh Kata Keterangan Waktu (Adverb of Time) berupa kata: [sekarang]. Demikian pula pada kalimat (b) - yakni [kemarin] yang juga berupa Bentuk waktu lampau (past time).

    #Bentuk Waktu (Tenses) Dalam Bahasa Inggris

    Setelah melihat contoh bentuk waktu dalam bahasa Indonesia diatas, nyatalah sudah bahwa bentuk waktu dalam bahasa Indonesia bisa dilihat (determined) dengan adanya Kata Keterangan Waktu (Adverb of Time), baik yang berkaitan dengan waktu sekarang (present time), lampau (past time) maupun Akan datang (future time). Dengan kata lain, bila kita ingin mengungkapkan sesuatu yang terjadi dimasa sekarang, lampau atau mendatang, cukup dengan menambahkan kata keterangan waktu diposisi tertentu dalam sebuah kalimat.

    Contoh:
    Saya temui dia sekarang.
    Saya temui dia kemarin.
    Saya akan temui dia besok pagi.

    Sekarang, saya (pelg-grammar's author: Herman nz) ingin bertanya pada anda:
    "Apakah kata [temui] mengalami perubahan bentuk juga pada saat kata keterangan waktu [sekarang] diubah ke bentuk waktu lampau [kemarin] juga waktu mendatang [besok pagi] ???"
    Jawabnya: Tidak. Dengan kata lain, Dalam bahasa Indonesia, perubahan pada kata keterangan waktu dalam sebuah kalimat tidak akan diikuti adanya perubahan lain pada kata-kata sebelumnya atau kata-kata lain yang ada dalam kalimat itu. Tidak demikian dalam Bahasa Inggris. Perubahan bentuk waktu dari sekarang [present time] ke lampau [past time] misalnya, akan terjadi perubahan pula pada kata-kata lain dalam kalimat itu.

    " Perubahan bentuk waktu dari sekarang [present time] ke lampau [past time] misalnya, akan terjadi perubahan pula pada kata-kata lain dalam kalimat itu. "


    Contoh:
    I meet him now (saya temui dia sekarang)
    I met him yesterday (saya temui dia kemarin)
    I will meet him tomorrow morning (saya akan temui dia besok pagi)

    Catatan
    Pada kalimat diatas, seakan-akan tidak ada perubahan. 
    Anda akan memahami apa yang berubah 
    pada saat anda belajar bentuk waktu (tenses) yang pertama 
    dan seterusnya nanti.


    Disinilah letak perbedaan antara Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris dalam hal bentuk waktu (Tenses).
    Pada kalimat-kalimat bahasa inggris, kata kerja (Verb) atau kata bantu (Auxiliary) akan mengalami perubahan berdasar pada bentuk waktu apa yang saat ini sedang digunakan.

    #Determiner of Tenses

    Determiner of Tenses (Penanda Bentuk Waktu) adalah tekhnik didalam mengenali kalimat-kalimat yang mengandung bentuk waktu tertentu. Artinya, sebuah kalimat bisa dikenali mengenai bentuk waktu apa yang sedang digunakan. Berikut ini adalah determiner of tenses (penanda tenses/bentuk waktu):

    1. Adverb of Time (Kata Keterangan Waktu)
      Tenses bisa dilihat dari kata keterangan waktu yang digunakan.
      .
    2. Kata Kerja (Verb)
      Tenses juga bisa dilihat dari perubahan yang terjadi pada kata kerjanya (verb) baik kata kerja berupa: Lexical verb maupun Structural Verb.
      .
    3. Kata Bantu (Auxiliary)
      Tenses bisa dilihat dari perubahan yang terjadi pada kata bantu (auxiliary).
      .

     #16 English Tenses

    Bahasa Inggris mengenal ada 16 bentuk waktu yang sering kita kenal dengan istilah 16 Tenses atau 16 English Tenses. Berikut ini adalah ke 16 Tenses tersebut:
    1. Simple Present

    2. Simple Past

    3. Present Continuous atau Present Progressive *)

    4. Past Continuous 

    5. Present Perfect

    6. Past Perfect

    7. Simple Future

    8. Past Future

    9. Future Continous

    10. Past Future Continuous

    11. Present Perfect Continuous

    12. Past Perfect Continous

    13. Future Perfect

    14. Future Perfect Continous

    15. Past Future Perfect

    16. Past Future Perfect Continuous


    Catatan *) : kata Continuous atau progressive dalam tenses diatas memiliki makna yang sama. Progressive adalah istilah lain yang bermakna sama (dengan continuous) dalam segala hal dan pengertian mengenai tenses. Anda dapat menggunakan kata continuous atau kata progressive ini, karena keduanya memiliki makna yang sama yaitu: "sedang terjadi .....".

    Tidak semua 16 Tenses diatas digunakan dalam satu waktu atau satu kalimat. Penggunaanya bergantung pada bentuk waktu yang mana yang berkaitan dengan pembicaraan atau tulisan kita sekarang. Tenses berkaitan dengan kapan (waktu) sesuatu itu terjadi. Sebagai contoh, Bila anda ingin mengatakan sesuatu kepada teman anda bahwa besok anda akan menemuinya di kantin sekolah, maka gunakanlah tenses jenis future. Bentuk Future tenses yang mana yang harus digunakan, oleh karena disana banyak jenis future.

    Perhatikan ilustrasi berikut ini:
    Anda akan bertemu teman anda besok. Tetapi saat ini anda sedang dirumah, tidak melakukan apa-apa atau tidak ada persiapan untuk "menemui teman anda" besok. Maka gunakanlah Simple Future. Kenapa? karena kepastian (certainty) akan pertemuan itu sama besar (50%) dengan gagal atau tertunda menemuinya (50%). Sehingga simple future-lah yang paling tepat digunakan. Dengan kata lain, simple future mengandung 50% terjadi dan 50% tidak terjadi (pertemuan itu). Jadi, simple future mengandung Possibility atau Kemungkinan.
    Akan tetapi, jika anda sedang dalam perjalanan (dalam kendaraan misalnya) saat ini dan sedang menuju ke tempat teman anda dimana anda akan bertemu, maka gunakanlah Future Continuous. Artinya, pertemuan itu sedang dalam proses atau menjelang pertemuan atau menjelang akan terjadi pertemuan.

    Melalui ilustrasi diatas, akhirnya, kita bisa memahami bahwa penggunaan tenses tersebut bergantung pada suatu kondisi, situasi dan keadaan yang mempengaruhi terjadinya sesuatu tersebut - apakah telah terjadi, sedang terjadi, akan terjadi atau dalam proses akan terjadi.

  • 0 komentar:

    Posting Komentar