• Kalimat Perintah: English Command Expression

    Kalimat Perintah (Command Expression) adalah suatu bentuk kalimat yang digunakan untuk menyuruh, meminta seseorang melakukan sesuatu. Kalimat perintah (Command) selalu menggunakan subject [You] (kamu, anda, saudara, kau, kalian) didepan kalimat.

    Contoh:
    (You) sit down!
    (You) do the exercises!
    (You) look up your book page six!

    Seringkali Subject [you] sering tidak dimunculkan atau tidak-dipakai karena sifatnya yang sudah dimengerti (understood). Dengan kata lain, bila ditanyakan "apa subject yang digunakan dalam kalimat perintah?" jawabnya mesti: "you". Akan tetapi, bila subject [you] - yang sebelumnya seringkali tidak dipakai - lalu dipakai dalam kalimat perintah, maka perintah tersebut bermaksud untuk menegaskan bentuk perintah itu pada subject [you].

    Contoh:
    You go home now!

    Bentuk/ Pola Kalimat Perintah (Command Pattern)


    Kalimat perintah bahasa inggris ada 2 jenis, yakni;
    1. Verbal Command Expression
    2. Nominal Command Expression
    (lihat penjelasan sebelumnya mengenai Nominal & Verbal Sentence)

    #Verbal Command Expression

    Verbal Command Expression atau disebut juga dengan Ungkapan kalimat perintah dalam bentuk Verbal adalah suatu pola kalimat perintah yang menggunakan Kata Kerja Lexical diawal kalimatnya atau dibelakang subject [you] bila [you] dipakai.

    Verb + Object/Complement

    Contoh:
    Learn carefully!
    Pick up the pen!
    Open the door!

    Kata kerja yang digunakan pada pola Verbal Command adalah kata kerja bentuk pertama tanpa  mendapatkan imbuhan (affixes) apapun seperti; [s], [es], [ed], [d] atau [ing]. Kata kerja tersebut dapat berupa Transitive Verb / Intransitive Verb.

    #Nominal Command Expression

    Nominal Command Expression atau disebut juga dengan Ungkapan kalimat perintah dalam bentuk Nominal adalah suatu pola kalimat perintah yang menggunakan Kata Kerja Structural berupa: "BE" dan diletakkan diawal kalimatnya atau dibelakang subject [you] bila [you] dipakai.


    Be + Noun/Pronoun/Noun Phrases/Adjective/Adverb

    Contoh:
    Be carefully!
    Be mine!
    Be there on time!
    Be a good boy!
    Be more beautiful!


    #Polite Command Expression

    Polite Command Expression adalah ungkapan kalimat perintah yang lebih sopan. Polite diterjemahkan sebagai "sopan". Dengan menggunakan ungkapan yang sopan dalam kalimat perintah, bentuk perintah menjadi lebih halus dan dapat dimaklumi.
    Untuk membentuk kalimat perintah sopan ini, gunakanlah kata [Please] diawal kalimat atau diakhir kalimat (baik di kalimat perintah bentuk Verbal maupun di kalimat perintah bentuk Nominal), seperti contoh berikut ini:

    Be on time, please!
    Please be on time!

    Do your assignment, please!
    Please do your assignment!

    Perhatikan!
    Bila [please] diletakkan diakhir kalimat, letakkan tanda KOMA didepan kata [please] tersebut. Dan, gunakan [please] diawal kalimat perintah tanpa tanda KOMA.


  • 0 komentar:

    Posting Komentar