• Bagaimana Memotivasi Siswa dengan Model ARCS

    Sebelumnya telah disajikan tulisan mengenai Memotivasi Siswa Melalui Model ARCS. Selanjutnya bahasan akan dilanjutkan dengan lebih detail tentang bagaimana cara mealakukannya dalam pembelajaran? ARCS adalah sebuah model motivasi dalam pembelajaran yang dikembangkan oleh John Keller pada tahun 1988. Sebagai model motivasi yang baru, ARCS telah mendapat tempat dalam perkembangan teori-teori pembelajaran.

    Telah disebutkan pada tulisan sebelumnya tersebut di atas bahwa model motivasi ARCS terdiri dari 4 rangkaian yaitu Attention (perhatian), Relevance (relevansi), Confidence (rasa percaya diri), dan Satisfaction (kepuasan).

    cara memotivasi siswa dengan model ARCS (Attention, Relevance, Confidence, dan Satisfaction) yang dikembangkan oleh John Keller (1998)
    model motivasi ARCS oleh Keller, 1998

    Perhatian (Attention)

    Bagaimanakah cara memperoleh perhatian (attention) dari peserta didik?
    Ada 2 cara yang dapat dilakukan yaitu perceptual arousal dan inquiry arousal. Perceptual arousal (rangsangan perseptual) dapat dilakukan dengan penggunaan kejutan atau sesuatu yang tidak biasa untuk mendapatkan interest dari siswa. Kejutan dapat berupa contoh-contoh yang tak lazim, atau hal-hal lain yang di luar dugaan siswa.

    Beberapa metode yang dapat digunakan untuk memperoleh atensi dari siswa misalnya:
    Teruskan Membaca »
  • 0 komentar:

    Posting Komentar