• anda keracunan makanan? lakukan cara ini untuk pertolongan pertama

    Keracunan makanan dan minuman bisa menyerang kita apabila secara tidak sengaja kita mengkonsumsi makanan yang sudah tercemar oleh bakteri, virus, parasit atau tercemar oleh bahan kimia dan yang paling sering adalah akibat tercemar oleh racun alami seperti jamur, biasanya makanan atau minuman tersebut sudah dalam masa kadaluwarsa atau lewat dari masa guna dan sudah tidak layak untuk di konsumsi.

    pertolongan pertama mengatasi keracunan makanan


    Gejala keracunan makanan

    Tanda-tanda awal yang biasanya muncul saat seseorang mengalami keracunan adalah seperti berikut ini :
    • Tiba-tiba kepala terasa pusing, badan terasa lemas
    • Perut Sebah dan terasa mual serta muntah-muntah
    • Apabila kondisi keracunan cukup membahayakan penderita akan mengalami sesak nafas, kram perut, kejang-kejang serta Diare bahkan dapat menyebabkan penderita mengalami koma.

    Penyebab keracunan makanan atau minuman

    Hal-hal yang bisa menyebabkan kita mengalami keracunan makanan biasanya dikarenakan beberapa faktor dibawah ini :
    • Mengkonsumsi makanan yang diproses secara tidak tepat atau belum benar-benar matang dalam memasaknya biasanya jenis makanan olahan cepat saji serta makanan jenis daging.
    • Memakan makanan dan minuman yang sudah melewati masa guna atau sudah kadaluwarsa.
    • Makan menggunakan tangan atau peralatan makan kotor atau yang sudah terinfeksi oleh virus atau bakteri yang menyebabkan keracunan.

    Pertolongan pertama mengatasi keracunan makanan

    Berikut ini ada beberapa tips yang bisa sobat lakukan bila ada seseorang mengalami keracunan makanan dan minuman sebagai langkah pertolongan pertama mengatasi keracunan.
    • Minum Air Kelapa Muda, air kelapa muda sangat bagus digunakan untuk pertolongan pertama mengatasi keracunan, dan biasanya setelah beberapa saat meminum air kelapa penderita keracunan akan muntah-muntah hal tersebut wajar dikarenakan air kelapa membantu membersihkan saluran pencernaan dari racun yang masuk.
    • Beri minum air susu sapi tawar, susu sapi juga bagus untuk mengatasi keracunan makanan dan minuman.
    • Jus jeruk lemon sebanyak 3 gelas dan beri sedikit garam, rasa dan sifat asam pada lemon sangat bagus untuk mengobati keracunan makanan atau minuman.
    Setelah sobat memberikan pertolongan pertama mengatasi keracunan makanan seperti diatas langkah selanjutnya yang harus sobat lakukan adalah anjurkan si penderita keracunan untuk minum air putih banyak-banyak mengingat saat penderita muntah-muntah tubuh kehilangan banyak cairan dan dapat mengakibatkan dehidrasi, segeralah bawa ke instansi medis terdekat untuk mendapatkan perawatan seperti Detoksifikasi atau pengeluaran racun dari tubuh. (ragam-kerajinan)
  • 0 komentar:

    Posting Komentar