• Apa sih penyebab bibir pecah-pecah?

    Apakah sobat pernah mengalami masalah bibir kering dan pecah-pecah bila digunakan untuk tersenyum atau membuka mulut dengan lebar garis pada bibir justru sobek dan mengeluarkan darah, terasa sangat perih dan susah untuk makan, sama menyebalkannya seperti saat kita sedang mengalami sariawan.



    Penyebab Bibir pecah-pecah dan kering

    penyebab bibir pecah pecah

    Penyebab kenapa bibir pecah-pecah dikarenakan pada bibir hanya memiliki lapisan kulit yang tipis dan tidak terdapat kandungan kelenjar minyak seperti kulit pada bagian lain dari tubuh kita sehingga lebih mudah pecah dan sobek jika kondisi bibir kering.

    Beberapa faktor umum yang biasanya menyebabkan bibir pecah-pecah dan kering diantaranya :

    • Dehidrasi atau kondisi tubuh yang mengalami kekurangan cairan, jika tubuh kita mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan gejala awal yang biasanya akan kita alami adalah bibir terasa kering hingga bibir pecah-pecah.
    • Bibir pecah-pecah diakibatkan oleh faktor cuaca, biasanya terjadi saat musim kemarau dengan udara yang cukup kering yang dapat menyebabkan kita kekurangan cairan atau dehidrasi.
    • Alergi dengan penggunaan alat kosmetik seperti lipstick, pemakaian lipstick yang tidak sesuai dengan karakteristik kulit bibir juga dapat menyebabkan bibir menjadi pecah-pecah dikarenakan terjadi alergi dengan bahan atau obat-obatan kimia yang terdapat dalam kandungan lipstick tersebut.
    • Sedang mengalami permasalahan dengan hidung tersumbat, kondisi tersebut terkadang memaksa kita untuk menggunakan mulut sebagai alat bernafas pada saat itulah bibir kita bisa menjadi kering dikarenakan hawa panas yang dikeluarkan pada saat kita bernapas dengan menggunakan mulut tersebut.
    • Sedang menderita demam, pada saat demam tubuh kita akan mengalami kekurangan cairan dikarenakan suhu tubuh yang cukup tinggi.
    • Sedang menderita Diare, kondisi tubuh pada saat menderita diare biasanya akan mengalami kekurangan cairan atau dehidrasi dikarenakan banyaknya cairan yang ikut terbuang bersamaan dengan feses, hal tersebut dapat memicu bibir menjadi pecah-pecah.
    Untuk cara mengatasi bibir pecah-pecah tidak terlalu sulit cukup dengan selalu menjaga kondisi tubuh supaya tidak mengalami kekurangan cairan atau dehidrasi dan juga dengan selalu menjaga kelembaban pada bibir dengan pemberian pelembab seperti mentega dan madu, serta pemakian lipgloss juga dapat membantu sobat dalam menjaga kelembaban bibir supaya terhindar dari masalah bibir pecah-pecah, semoga bermanfaat.
  • 0 komentar:

    Posting Komentar