• Langkah-Langkah Model Pembelajaran Berbasis Proyek

    Tulisan berikut akan membahas tentang langkah-langkah dalam melaksanakan pembelajaran berbasis proyek. Sebagaimana kita ketahui bahwa model pembelajaran berbasis proyek merupakan salah satu model pembelajaran yang sangat dianjurkan untuk dilaksanakan saat mengimplementasikan Kurikulum 2013. Memang belum semua sekolah melaksanakan Kuirkulum 2013, akan tetapi ada baiknya kita semua sudah mulai mengenal apa itu model pembelajaran berbasis proyek dan bagaimana langkah-langkah pada model pembelajaran ini.

    Model pembelajaran berbasis proyek dalam bahasa Inggris disebut Project Based Learning yang dapat pula disingkat PjBL. Berdasarkan namanya itu dapatlah kita mengetahui bahwa model pembelajaran ini adalah sebuah model pembelajaran yang desainnya didasarkan pada sebuah tugas proyek yang harus dikerjakan oleh siswa melalui kegiatan pembelajaran.

    ada 6 langkah / sintaks model pembelajaran berbasis proyek yang sangat dianjurkan untuk digunakan dalam implementasi Kurikulum 2013
    sintak-sintak model pembelajaran berbasis proyek (PjBL)

    Langkah-Langkah (Sintaks) Model Pembelajaran Berbasis Proyek


    Adapun untuk melaksanakan model pembelajaran berbasis proyek, kita harus terlebih dahulu mengetahui apa saja langkah-langkah atau sintaks pembelajarannya. Secara umum, langkah-langkah model pembelajaran berbasis proyek terdiri dari: 1) penentuan pertanyaan mendasar (esensial); (2) mendesain perencanaan proyek; (3) menyusun jadwal; (4) memonitor kemajuan proyek; (5) menguji proses dan hasil belajar; (6) melakukan evaluasi pengalaman membuat proyek atau pengalaman kegiatan belajar. Nah, sekarang marilah kita perjelas satu per satu.

    Teruskan Membaca »
  • 0 komentar:

    Posting Komentar