• Nyeri Perut Sebelah Kanan Sakit Apa?

    Sakit perut pasti hal tersebut pernah sobat rasakan, baik itu sakit perut yang dikarenakan oleh gangguan kesehatan pada saluran pencernaan atau dikarenakan mengalami permasalahan penyakit tertentu yang menyebabkan timbulnya rasa sakit pada perut.

    Sakit pada perut tersebut juga bermacam-macam jenisnya seperti contohnya perut terasa mual, perut kembung seperti penuh angin dan membesar, perut terasa penuh padahal belum makan dan sering sendawa atau sering kentut, perut sebah atau perut begah dan mungkin juga rasa nyeri pada perut seperti ditusuk-tusuk dari dalam yang biasanya diakibatkan oleh kadar asam lambung naik atau sakit maag.

    Mungkin juga saat ini sobat sedang mengalami sakit perut dengan tanda-tanda rasa nyeri pada perut sebelah kanan yang cukup terasa sakit dan pastinya hal tersebut akan membuat sobat bertanya-tanya mengenai sakit apakah yang menyebabkan timbulnya rasa sakit pada perut bagian sebelah kanan yang sedang sobat alami saat ini.
    Nyeri Perut sebelah kanan
    source pic : wyndhamhealth

    Penyebab Nyeri perut sebelah kanan

    Berikut ini adalah beberapa kondisi yang menyebabkan kita mengalami rasa sakit atau munculnya rasa nyeri pada bagian perut sebelah kanan.

    • Usus Buntu
    Usus buntu adalah kondisi dimana terjadi penyumbatan pada bagian usus buntu di saluran usus kita yang diakibatkan oleh karena infeksi dan menyebabkan terjadinya pembekangkan yang sangat perlu di beri penanganan dan pengobatan secepatnya, rasa sakit yang diakibatkan oleh radang usus buntu biasanya dimulai dengan timbulnya rasa nyeri pada perut bagian kanan bawah dan kemudian di sertai dengan rasa mual dan muntah, perut terasa kembung serta penderita akan mengalami demam.
    • Hepatitis
    Jika nyeri perut terasa pada sebelah kanan atas bisa jadi atau kemungkinan karena diakibatkan oleh Hepatitis C, hal tersebut diduga karena kinerja hati yang tidak semestinya atau menurun dan terganggu akibat timbunan lemak pada saluran pencernaan yang menyebabkan meningkatnya cairan dalam perut.
    Rasa sakit pada perut yang diakibatkan oleh Karena Hepatitis C biasanya disertai dengan berbagai gejala lainnya seperti mual-mual hingga muntah, warna kotoran atau feses berwarna pucat, menurunnya selera makan dan air kencing atau urin berwarna keruh pekat.
    • Penyakit Ginjal
    Manusia memiliki dua buah ginjal yang terletak pada bagian kanan dan kiri perut, ginjal bagian kanan terletak dibawah organ hati dan jika ginjal kita mengalami gangguan seperti batu ginjal atau ginjal mengalami infeksi maka hal tersebut juga dapat menyebabkan timbulnya rasa nyeri pada perut sebelah kanan atas, dan jika rasa sakit tersebut dikarenakan sakit Ginjal biasanya rasa sakit tersebut akan disertai dengan rasa sakit atau rasa nyeri pada bagian pinggang.
    • Penyakit Empedu
    Kandung empedu terletak pada bagian perut sebelah kanan atas dan tepat dibawah hati maka jika organ tersebut mengalami gangguan seperti terjadi peradangan akibat batu empedu atau kanker empedu maka dapat menyebabkan timbulnya rasa nyeri pada perut bagian kanan atas, terkadang rasa nyeri tersebut disertai rasa nyeri yang teramat sangat pada uluhati kita serta rasa nyeri pada bagian punggung dan bahu sebelah kanan.
    • Radang Pankreas
    Sakit perut akibat mengalami radang pankreas biasanya terasa pada bagian perut atas yang menjalar hingga pada bagian perut sebelah kanan atas disertai dengan mual, muntah, dan perut terasa sakit setelah digunakan untuk makan dan minum.
    Jika wanita yang mengalami rasa nyeri perut sebelah kanan bisa jadi sang penderita mengalami permasalahan seperti berikut ini.
    • Kista Ovarium
    Rasa sakit yang diakibatkan oleh karena penderita mengalami kista Ovarium biasanya akan merasakan perut kanan bawah sakit dan kemudian rasa sakit tersebut menjalar ke bagian perut bawah hingga selangkangan dan pangkal paha.
    • Kehamilan Diluar Rahim atau Ektopik
    Kehamilan yang terjadi diluar Rahim dan biasanya di bagian tuba fallopi, rasa sakit yang ditimbulkan oleh hal tersebut biasanya pada perut bagian bawah sebelah kanan.

    Selain itu rasa sakit perut sebelah kanan bawah juga bisa dikarenakan beberapa hal dibawah ini.
    • Gangguan leher Rahim pada wanita
    • Endometriosis
    • Gastroenteritis akibat virus
    • Hernia inguinalis
    • Batu ginjal
    Dan rasa nyeri atau sakit pada perut sebelah kanan bagian atas lainnya bisa dikarenakan oleh beberapa gangguan seperti berikut ini.
    • Pneumonia atau radang paru-paru
    • Hernia hiatus
    • Tukak lambung
    • Gastritis
    • Kanker ginjal
    • Kanker pada kantung empedu
    • Kanker pada pankreas
    Jika sobat mengalami sakit perut atau perut terasanya nyeri cobalah minum air hangat atau air jahe hangat untuk mengurangi rasa sakit tersebut dan jika rasa sakit tersebut tidak sembuh atau tidak berkurang dan terus bekerlanjutan sebaiknya segera sobat bawa dan periksa ke instansi kesehatan terdekat untuk mengetahui penyebab dari sakit perut tersebut guna mendapatkan pengobatan yang tepat.

    Dikhawatirkan rasa nyeri perut sebelah kanan yang sedang sobat alami saat ini adalah merupakan gangguan yang cukup serius pada organ yang terdapat dalam perut sobat, dan tentunya jika hal tersebut benar maka supaya kondisi tersebut segera mendapat tindakan medis yang tepat, semoga bermanfaat. ( ragam-kerajinan )
  • 0 komentar:

    Posting Komentar