• Arti kudeta adalah?

    Sobat pasti pernah mendengar atau melihat pada sebuah berita yang ditayangkan di televisi atau berbagai media informasi berita lainnya yang menginformasikan telah terjadi sebuah kudeta pada suatu Negara, dan seperti contohnya adalah sebuah kudeta militer yang baru-baru saja terjadi di Negara Turki dan gagal karena berhasil diantisipasi oleh pemerintah yang berkuasa saat kudeta tersebut terjadi.

    Pada buku sejarah Negara Indonesia, di Negara Indonesia dulu juga pernah terjadi sebuah peristiwa kudeta yang dilakukan oleh sekelompok orang yang tergabung dalam sebuah partai komunis dan gerakan kudeta tersebut juga berhasil di antisipasi oleh pemerintah pada saat itu dan gerakan tersebut lebih di kenal dengan tragedi G30sPKI.

    Bagi sobat yang belum mengetahui arti kudeta itu apa pasti bingung dan bertanya-tanya mengenai apa sih maksud dari kudeta tersebut, nah jika memang sobat belum paham mengenai maksud dari kudeta itu apa silahkan sobat simak penjelasannya berikut ini.
    Arti kudeta adalah
    informasi berita pada sebuah stasiun Televisi tentang Kudeta di Negara Turki

    Pengertian kudeta adalah

    Kudeta adalah sebuah kata yang berasal dari bahasa perancis coup d'État yang memiliki arti memberikan sebuah pukulan atau merobohkan legitimasi terhadap Negara, namun arti kudeta yang dimaksud disini adalah sebuah gerakan yang dilakukan oleh sekelompok orang yang dilakukan untuk menggulingkan dan merebut atau mengambil alih kekuasaan dari pemerintah yang berwenang pada saat itu.

    Gerakan yang dilakukan sekelompok orang tersebut dapat melalui berbagai cara ilegal dan bahkan dengan melakukan tindakan kekerasan dan bersifat brutal serta melawan hukum yang ada demi keberhasilan aksi kudeta tersebut.

    Jika aksi kudeta tersebut dilakukan oleh sekelompok orang yang berasal dari militer maka aksi kudeta tersebut biasanya di sebut dengan kudeta militer, seperti halnya yang terjadi di Negara Turki belum lama ini.

    Bisa pula disimpulkan bahwa arti kudeta adalah sebuah gerakan yang timbul atau terjadi dikarenakan ketidakpuasan sekumpulan masyarakat atau golongan elemen masyarakat tertentu pada suatu Negara terhadap Pemerintah yang berwenang saat itu, dan gerakan tersebut terjadi sebagai sebuah bentuk perlawanan yang bertujuan untuk menggulingkan dan mengambil alih kekuasaan dari Pemerintah yang berwenang pada saat itu, cmiiw. ( ragam-kerajinan )
  • 0 komentar:

    Posting Komentar