• Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Agar Diterima

    http://ragam-kerajinan.blogspot.com/2013/12/lowongan-kerja-pertamina-balongan.html

    Info " Lowongan kerja Pertamina Balongan telah dibuka kembali, dibutuhkan operator kilang, tenaga security, tenaga administrasi, dan tenaga kerja lainnya.....", sangat banyak menarik perhatian para pencari kerja di Balongan Indramayu dan sekitarnya. Setelah mendapatkan info lowongan kerja seperti itu apa yang perlu dilakukan? ya.. persiapkan diri untuk melamar pekerjaan tersebut.

    Salah satu persiapan yang perlu dilakukan untuk melamar sebuah pekerjaan adalah membuat surat lamaran kerja. Bagaimana cara membuat surat lamaran kerja yang baik? Di sini akan dijelaskan bagaimana cara membuatnya dan disertai contohnya. Memang tidaklah sulit untuk membuatnya  tetapi akan membutuhkan waktu untuk menyusun rangkaian kalimat sehingga membentuk sebuah surat lamaran kerja yang baik dan benar serta berpeluang untuk diterima.


    Kesan pertama dari sebuah surat lamaran kerja tentu akan sangat menentukan langkah berikutnya pada proses penerimaan pekerja. Bayangkan saja jika surat lamaran yang dibuat tidaklah baik, kalimatnya tidak rapi, bertele-tele dan juga kurang menarik, kemungkinan besar pihak HRD perusahaan akan langsung melewati surat lamaran kerja yang telah dibuat tanpa membacanya apalagi mempertimbangkannya. Inilah yang harus  dihindarkan.

    Berikut cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar:

    Pergunakan bahasa yang baik dan benar
    Susun kalimat - kalimat surat lamaran kerja dengan baik dan benar jangan menggunakan bahasa gaul yang tidak patut dicantumkan.

    Tulislah dengan kalimat yang sopan
    Jangan lupa menggunakan kalimat yang sopan, dan jangan menggunakan kalimat yang terkesan menyombongkan diri.

    Usahakan menulis manual dengan rapi
    Hingga saat ini masih banyak perusahaan yang lebih menyukai surat lamaran kerja yang ditulis dengan manual menggunakan ballpoint, karena akan mudah menilai kepribadian seseorang dari hasil tulisan tangannya sendiri. 

    Siapkan dan lengkapi syarat-syarat dari perusahaan
    Jangan lupa melengkapi surat-surat yang dibutuhkan ataupun disyaratkan dari peusahaan

    Lampirkan sertifikat pendukung lainnya
    Jika ada sertifikat lain boleh saja ikut dilampirkan untuk menambahkan kriteria kemampuan anda, sehingga pihak HRD lebih mempertimbangkan anda

    ====================================================
    Contoh surat lamaran kerja umum 1
    ====================================================
    Hal : lamaran pekerjaan

    Kepada Yth.,
    Bpk / Ibu Personalia
    PT. Pertamini
    Jl. Raya Balongan
    Indramayu

    Dengan hormat,
    Sesuai dengan informasi adanya lowongan pekerjaan dari PT. Pertamini yang saya dapatkan dari harian Merdeka pada tanggal 4 Maret 2014. Saya bermaksud untuk melamar pekerjaan dan bergabung ke dalam perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin. Adapun bagian pekerjaan yang saya maksudkan adalah bagian Operator Kilang dengan kode (OK) di perusahaan PT. Pertamini.

    Berikut ini adalah data singkat saya
    Nama                          : Putra Balongan
    Tempat / tgl. lahir       : Balongan, 05 mei 1995
    Pendidikan Terakhir   : SMK SUKA KERJA
    Alamat                        : Jl Penggangsaan Timur No 56
    Telepon (HP)              : 081234567891
    Status                          : Lajang

    Dan saat ini saya dalam keadaan yang sehat dan dapat berbahasa Inggris dengan fasih. Kejujuran selalu saya utamakan dan latar belakang pendidikan saya sangat memuaskan, dan saya juga dapat mengoperasikan  komputer baik itu Lotus Spreedsheet, MS Office Word, Excell, Access dan beberapa macam software lainnya.

    Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan :
    1. Daftar Riwayat Hidup
    2. Foto copy ijazah SMK
    3. Foto copy Lembar nilai
    4. Foto copy sertifikat kursus dan pelatihan
    5. Pas photo yang terbaru

    Kesempatan wawancara dari Bapak / Ibu Personalia sangat saya harapkan agar saya dapat menjelaskan lebih rinci tentang potensi dan kemampuan saya untuk perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin.

    Demikian surat lamaran ini, Saya ucapkan terima kasih atas perhatian Bapak / Ibu personalia.


    Hormat saya,

    Putra Balongan

    ====================================================
    Contoh surat lamaran kerja umum 2
    ====================================================

    Martapura, 15 Nov 2013
    Kepada Yth. HRD
    Pt. Maju Terus Pantang Mundur,
    Jl. Sam Ratulangi No. 99
    Martapura

    Dengan hormat,
    Saya yang bertandatangan di bawah ini :
    Nama                         :  Putri Balongan, SE
    Tempat, Tgl. Lahir     :  Ambon, 8 Agustus 1988
    Alamat                       :  Jl. Kebon Pisang
    No. Telp/HP               :  081234567891
    Pendidikan                 :  S1 Manajemen

    Dengan surat ini saya ingin mengajukan lamaran kerja di perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin sebagai seorang Marketing.

    Saya memiliki sedikit pengalaman bekerja sebagai Marketing Manajer di salah satu perusahaan terkemuka di Surabaya. Dan dengan surat permohonan ini saya siap untuk memberikan kompetensi waktu dan tenaga saya apabila diperlukan dan sangat besar harapan saya agar dapat diberikan kesempatan wawancara maupun tes lainnya.

    Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan surat :

    1. Daftar Riwayat Hidup
    2. Foto copy Ijazah
    3. Foto copy sertifikat
    4. Foto copy KTP
    5. Foto copy transkrip nilai
    6. Pas photo terbaru

    Demikian surat lamaran kerja ini, saya ucapakan banyak terima kasih atas perhatian Bapak / Ibu.

    Hormat saya,

    Putri Balongan, SE.

    ======================================================

    Demikian cara membuat surat lamaran kerja beserta contohnya. Semoga bermanfaat terutama bagi teman-teman di Balongan yang sedang berupaya untuk mencari pekerjaan. Semoga teman-teman segera mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan keinginan. Bagi yang belum berhasil, jangan putus asa... peluang usaha masih banyak menunggu kita semua.




    Baca juga:
  • 0 komentar:

    Posting Komentar