• Membuat Asbak Kerajinan Tangan Dari Tanah Liat

    Membuat Asbak Dari Tanah Liat - Kerajinan Tangan | Pembuatan karya tangan atau kerajinan tangan dari tanah liat tak terus-terusan mesti pembuatan hal yang rumit. Untuk pemula, kerajinan tangan dari tanah liat bisa berupa pembuatan hal yang simpel terlebih dulu tetapi memiliki nilai ekonomi, diluar itu karya yang simpel bisa berikan motivasi untuk pembuatan karya yang semakin besar.

    Hal simpel yang bisa kita buat berbahan tanah liat yaitu asbak. Nah kesempatan ini kita bakal pelajari langkah pembuatan asbak yang merupakan kerajinan tangan dari tanah liat

    Tetapi saat sebelum pelajari langkah pembuatan asbak dari tanah liat anda terlebih dulu mesti mempersiapkan bahan untuk membuat kerajinan tangan dari tanah liat ini, yakni bahan baku tanah liat. Anda bisa mencari sendiri tanah liat di sekitar anda, tetapi bila tak memerlukan banyak anda bisa membelinya di tempat penjual genteng.

    Membuat Asbak Kerajinan Tangan Dari Tanah Liat


    Sesudah anda memperoleh bahan bakunya, saat ini anda bisa mulai pembuatan kerajinan tangan dari tanah liat. Untuk pembuatan asbak, anda bisa pelajari langkah pembuatan asbak dari tanah liat seperti pada beberapa langkah berikut ini.

    Langkah pembuatan Asbak Kerajinan Tangan Dari Tanah Liat 



    1. Buat Adonan 


    Dengan bahan baku yang sudah diperoleh, Saat ini waktunya untuk pembuatan adonan sebagai dasar pembuatan kerajinan tangan dari tanah liat. Anda bisa mengawali dengan mencampurkan bahan tanah liat dengan air seperlunya. Ingat, janganlah terlampau encer ya.

    2. Bentuk Sesuai Keinginan

    Anda bisa berimajinasi, seperti apa asbak yang bakal anda pembuatan. Anda bisa membuat asbak yang memiliki bentuk lain dari pada asbak yang umum. Memiliki bentuk terserah anda! Bila telah terbentuk, yakinkan permukaannya halus agar nyaman waktu dipegang nanti.

    3. Diamkan 

    Diamkan sebentar sesudah terbentuk, anda bisa mendiamkan karya tanah liat anda selama dua hari. Diamkan pada tempat yang aman sambil diangin-anginkan. Bila ada tanda keretakan waktu didiamkan berarti proses adonan kurang baik.

    4. Bakar 

    Karya anda masih tetap belum jadi, sesudah didiamkan anda mesti membakar karya tanah liat anda dengan api dari kayu, batubara atau selama 14 jam, yakinkan karya anda kering serta masak.

    5. Berikanlah Warna 

    Karya dari tanah liat anda telah nyaris jadi. Anda tinggal memberi warna pada karya anda. Beri warna dengan cat sesuai sama apa yang anda diinginkan.

    Membuat Asbak Kerajinan Tangan Dari Tanah Liat

    Membuat Asbak Kerajinan Tangan Dari Tanah Liat


    Demikianlah artikel tentang Membuat Asbak Kerajinan Tangan Dari Tanah Liat, semoga dapat memberi ide dan inpirasi anda

  • 0 komentar:

    Posting Komentar