• Khasiat Daun Jeruk Purut bagi Kesehatan

    Jeruk Purut atau jeruk nipis yang kita ketahui memiliki banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan tubuh kita dan biasanya digunakan oleh kakek nenek kita sebagai obat batuk alami yang ampuh ternyata tidak hanya buah saja loh yang bermanfaat, daunnya ternyata juga memiliki banyak khasiat yang sangat bagus untuk kesehatan tubuh kita.

    Daun jeruk purut biasanya digunakan untuk menyedapkan berbagai macam jenis masakan seperti untuk campuran bumbu pada masakan jawa “gudangan”, campuran pada sambal “cabuk rambak”, campuran pada keripik tempe dan lain sebagainya.

    Kandungan vitamin C yang cukup tinggi dan senyawa alami seperti zat tannin, flavonoid, luteolin, Apigenin, quercetin, kampferol, minyak atsiri dan berbagai zat lainnya pada daun jeruk purut yang menyebabkan daun jeruk purut sangat bagus digunakan sebagai ramuan obat herbal alami dan dapat digunakan untuk mengatasi berbagai macam masalah gangguan kesehatan.

    Khasiat Daun Jeruk Purut bagi Kesehatan
    Daun Jeruk purut, sumber gbr : http://blog.seasonwithspice.com/2011/03/turmeric-prawns-shrimps.html

    Berbagai macam khasiat daun jeruk purut bagi kesehatan

    Nah apa saja kehebatan khasiat daun jeruk purut untuk kesehatan tubuh kita bisa sobat simak ulasan berikut ini.
    • Mengobati Flu
    Flu meski bukan penyakit yang berbahaya tapi cukup mengganggu dan dapat dengan mudah menular, jangan khawatir sobat bisa menggunakan daun jeruk purut sebagai salah satu obat alami Flu.

    Gunakan 5 hingga 6 lembar daun jeruk purut, cuci bersih kemudian iris menjadi irisan kecil-kecil, kemudian rebus dengan air kurang lebih 2 gelas hingga mendidih, saring dan minum selagi hangat, tambahkan sedikit madu atau gula merah supaya lebih terasa manis, minum secara rutin.
    • Stamina Tubuh
    Daun jeruk purut juga dapat membantu menjaga kondisi stamina pada tubuh sobat, jika stamina tubuh menurun dapat mengganggu aktifitas kegiatan sehari-hari sobat selain itu juga dapat menyebabkan tubuh kita akan mudah terserang penyakit.
    Cara penggunaannya juga sama dengan ramuan oabt herbal alami untuk mengobati flu diatas, cukup dengan rutin meminum ramuan teh herbal daun jeruk purut yang ditambahkan dengan sedikit madu.
    • Antibiotik Alami
    Daun jeruk purut memiliki kandungan senyawa zat yang dapat berfungsi sebagai antibiotik alami, dengan sering mengkonsumsi daun jeruk purut baik yang dibuat ramuan minuman dengan madu atau yang di campur kedalam bumbu masakan dapat membantu sobat menjaga kesehatan dan stamina tubuh serta melindungi tubuh dari berbagai serangan bakteri jahat dan virus.
    • Mengobati Sakit Perut dan Mual
    Kandungan minyak atsiri pada daun jeruk purut dapat digunakan untuk mengobati sakit perut dan mual, rasa mual dan sakit pada perut bisa diakibatkan berbagai macam hal seperti sedang masuk angin, flu atau gangguan lainnya.

    Minum rutin ramuan teh herbal daun jeruk purut yang masih hangat dengan diberi sedikit madu atau gula merah secara rutin untuk menghilangkan sakit perut dan mual yang sedang sobat derita.

    Salah satu contoh lagi adalah daun jeruk purut juga ampuh untuk mengobati rasa mual akibat mabuk darat atau mabuk laut, jika sobat termasuk salah satu orang yang sering mabuk jika melakukan perjalanan menggunakan kendaraan, maka bawalah beberapa lembar daun jeruk purut setiap akan melakukan perjalanan dan pada saat rasa mual sudah muncul remas daun hingga sedikit hancur kemudian tempelkan pada hidung dan hirup aroma daun jeruk purut dalam-dalam, hal tersebut biasanya dapat membantu mengurangi rasa mual.
    • Mengatasi Gangguan Pernafasan
    Dengan mengkonsumsi ramuan rebusan daun jeruk purut secara rutin dapat membantu mengatasi rasa sesak nafas dan gangguan pernafasan yang kurang lega.
    • Mengatasi Perut Kembung
    Dengan mengkonsumsi ramuan teh herbal dari daun jeruk purut dapat membantu mengatasi permasalahan perut kembung yang sedang sobat derita.
    • Detoksifikasi
    Kandungan zat antioksidan yang cukup tinggi yang terdapat dalam daun jeruk purut atau jeruk nipis dapat membantu mengatasi penumpukan racun yang terdapat di dalam tubuh kita, dengan mengkonsumsi daun teh jeruk purut secara rutin secara otomatis sobat juga telah membantu proses detoksifikasi pada tubuh sobat.

    Beberapa hal diatas merupakan menfaat yang bisa kita dapatkan jika mengkonsumsi ramuan rebusan daun jeruk nipis, jadi tidak hanya buah jeruk purut saja yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan ternyata khasiat daun jeruk purut juga tidak kalah banyak dan tentunya sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita. ( ragam-kerajinan )
  • 0 komentar:

    Posting Komentar