• Manfaat Buah Kiwi untuk Kesehatan dan Ibu Hamil

    Buah Kiwi, buah yang memiliki daging buah berwarna hijau cerah dengan rasa buah yang manis dan segar saat sudah matang dan sedikit rasa asam jika belum terlalu matang, meski harga buah kiwi tersebut terhitung tidak terlalu murah tapi banyak orang menyukai buah tersebut, harga tersebut sebanding dengan manfaat yang terkandung dalam buah tersebut.

    Apa saja manfaat yang terkandung dalam buah kiwi? Silahkan sobat simak ulasan mengenai manfaat buah kiwi untuk kesehatan berikut ini.

    Manfaat Buah Kiwi untuk Kesehatan dan ibu hamil

    Manfaat Buah Kiwi untuk Kesehatan

    • Mengontrol tekanan darah tinggi
    Kandungan potassium (kalium) yang cukup tinggi yang terdapat dalam buah kiwi dapat membantu menjaga keseimbangan kadar elektrolit dalam tubuh kita dengan cara menangkal efek natrium.
    • Meningkatkan daya kekebalan tubuh
    Buah kiwi memiliki kandungan Vitamin C yang tinggi dan juga kandungan lain yang berfungsi sebagai antioksidan dalam tubuh terbukti dapat menjaga dan meningkatkan daya kekebalan pada tubuh.
    • Membantu mengurangi berat badan
    Kandungan serat yang cukup tinggi dan kandungan Glisemik Indeks ( kadar kandungan gula dan karbohidrat) yang rendah dapat membantu kita dalam upaya menurunkan berat badan, sangat cocok untuk dimasukkan ke dalam daftar menu diet sehat sobat.
    • Membantu melawan penyakit jantung
    Mengkonsumsi secara rutin 2 hingga 3 buah kiwi setiap hari terbukti dapat mengurangi potensi terjadinya pembekuan darah sebesar 18% dan dapat membantu mengurangi kadar lemak dalam darah sebanyak 15%, sehingga dapat menjaga kita dari serangan penyakit jantung.
    • Merawat kesehatan Mata
    Mengkonsumsi buah kiwi sebanyak 3 buah atau lebih dapat membantu menjaga kesehatan mata, hal tersebut dikarenakan kandungan zeaxanthin dan lutein yang cukup tinggi dapat membantu mengurangi zat yang dapat menyebabkan menurunnya fungsi penglihatan pada mata.
    • Membantu proses pencernaan
    Buah kiwi memiliki kandungan actinidain dan enzim protein larut yang membantu memudahkan saluran pencernaan dalam mencerna makanan dengan menggunakan zat enzym,
    • Membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan
    Kandungan serat yang sangat tinggi dalam kiwi sangat bagus untuk merawat kesehatan saluran pencernaan dari masalah gangguan pencernaan seperti sembelit dan lain sebagainya.
    • Membantu membersihkan tubuh dari racun
    Kandungan serat pada kiwi dapat membantu mengikat dan mengeluarkan zat beracun yang terdapat pada saluran pencernaan.
    • Sangat bagus dikonsumsi penderita Diabetes
    Kandungan gula dan lemak yang cukup rendah yang terkandung dalam kiwi sangat bagus untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes karena dapat membantu mengontrol kenaikan tingkat kadar gula darah dalam tubuh.
    • Membuat tidur lebih nyenyak
    Dalam sebuah penelitian yang meneliti pemberian buah kiwi kepada penderita sulit tidur ditemukan bahwa dengan mengkonsumsi buah tersebut para penderita sulit tidur mengaku dapat tidur lebih cepat dan dengan durasi tidur yang lebih lama dari biasanya.
    • Berfungsi sebagai pencahar alami
    Kiwi berfungsi sebagai pencahar alami yang dapat mengatasi susah buang air besar atau sembelit, dengan mengkonsumsi buah kiwi secara teratur dapat membantu melunakkan feses dan memudahkan seseorang untuk buang air besar.
    • Mencegah kanker
    Dalam sebuah penilitian kandungan kombinasi antioksidan yang unik yang terdapat dalam kiwi dapat membantu melindungi sel DNA dari kerusakan akibat oksidasi dan menurut beberapa ahli hal tersebut dapat membantu mencegah kanker.
    • Menyeimbangkan keasaman dalam tubuh
    Buah kiwi termasuk buah yang memiliki tingkat asam yang cukup tinggi, dan hal tersebut menjadikan kiwi mempunyai kadar mineral yang cukup tinggi untuk menggantikan dan menyeimbangkan tingkat keasaman dalam tubuh.

    Jika tubuh kita memiliki tingkat keasaman yang seimbang hal tersebut dapat menyebabkan kulit tubuh kita menjadi awet muda, energi pada tubuh kita berlimpah, tidak mudah terserang flu dan pilek serta dapat membantu mengurangi resiko terkena osteoporosis.
    • Merawat kecantikan dan kesehatan kulit
    Vitamin C yang terdapat pada kiwi dapat membantu mensupport collagen dan berfungsi sebagai antioksidan yang melindungi dan merawat kulit dari berbagai macam kerusakan pada sel kulit akibat oleh sinar matahari, asap dan berbagai macam polusi, serta dapat membantu memperbaiki tekstur kulit dari kerutan-kerutan halus.
    • Sebagai pelengkap Gizi
    Rasa segar dan manis pada buah kiwi sangat disukai anak-anak, selain itu sangat bagus digunakan untuk menjaga keseimbangan asupan gizi pada tubuh, hal tersebut dikarenakan banyaknya kandungan nutrisi-nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh kita.

    Selain itu buah kiwi juga sangat bermanfaat untuk dikonsumsi oleh ibu hami, apa saja manfaatnya silahkan sobat simak info berikut ini.

    Manfaat buah kiwi untuk ibu hamil

    • Buah kiwi kaya akan kandungan folat yang merupakan nutrisi penting untuk kesehatan dan pembentukan sel pada janin, kandungan folat memastikan perkembangan organ-organ vital pada janin, jumlah folat yang cukup dapat mencegah atau mengurangi resiko bayi lahir cacat, mengkonsumsi buah kiwi sangat bagus untuk ibu hamil dapat membantu mencegah keguguran, selain bagus untuk ibu hamil kiwi merupakan salah satu buah yang bagus untuk dikonsumsi bagi para wanita yang ingin cepat hamil.
    • Vitamin C pada kiwi sangat bagus untuk perkembangan kesehatan ibu hamil berserta janin pada kandungannya, kiwi mengandung 140% dosis harian vitamin c yang dibutuhkan oleh ibu hamil, kiwi juga dapat membantu mengurangi bekas “stretch mark” setelah melahirkan.
    • Membantu memperkuat sistem kekebalan pada tubuh ibu hamil berserta janin yang terdapat dalam kandungannya, selain itu kandungan antioksidan yang tinggi pada buah kiwi dapat melindungi RNA dan DNA janin dari kerusakan.
    • Membantu menyeimbangkan hormon, ketidakseimbangan hormon pada ibu hamil sangat umum terjadi pada saat kehamilan, bisa tiba-tiba menjadi sangat emosional, kemudian tiba-tiba merasa depresi, merasa kelelahan dan terkadang timbul stres yang tentunya sangat tidak baik untuk kesehatan si Ibu dan janin yang ada dalam kandungannya, mengkonsumsi 1 buah kiwi dapat membantu ibu hamil menyeimbangkan kembali hormon-hormon tersebut.

    Bagi sobat yang memiliki gangguan masalah kesehatan pada ginjal dan empedu sebaiknya tidak terlalu banyak mengkonsumsi buah tersebut, karena dalam buah kiwi terkandung zat oksalat yang mungkin berbahaya bagi para penderita penyakit tersebut.

    Bagi sobat yang memiliki penyakit diabetes atau yang sedang menjalani diet sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi buah tersebut, semoga ulasan mengenai manfaat buah kiwi untuk kesehatan dan Ibu Hamil diatas bermanfaat.

    sumber : Care2 & Mom Junction
  • 0 komentar:

    Posting Komentar