• Pembelajaran Inkuiri: Siswa Belajar secara Mendalam

    Sebuah kelas yang didalamnya diterapkan pembelajaran inkuiri akan mendorong siswanya untuk belajar suatu permasalahan secara lebih mendalam. Siswa mencari sendiri jawaban-jawaban yang mereka buat melalui beragam sumber informasi yang mungkin  diperolehnya. Akan tetapi hal ini tidak semudah itu berlangsungnya, harus ada iklim belajar yang mendukung dan pembiasaan dari guru agar siswa terbiasa menjadi pebelajar mandiri.

    Budaya dan iklim kelas yang mendukung pembelajaran inkuiri adalah mutlak agar pelaksanaan proses belajar secara inkuiri ini sukses. Paling tidak guru harus memperhatikan budaya dan iklim kelas berikut ini.

    bagaimana membuat pembelajaran inkuiri di kelas menjadi efektif dan membuat siswa berpikir secara mendalam, yang selanjutnya juga membuat pemahaman menjadi lebih mendalam
    guru harus mampu memodelkan proses inkuiri dalam pembelajarannya

    Guru Juga Memberikan Teladan Bagaimana Berpikir Secara mendalam Melalui Inkuiri

    Perlu dicatat oleh guru bahwa jika ia ingin siswanya ber-inkuiri selama proses pembelajaran di kelasnya, maka ia juga harus mampu memodelkan bagaimana berpikir dan belajar dengan proses inkuiri. Belajar dengan inkuiri memerlukan perencanaan yang matang dari guru. Ia dapat memulai dengan menyiapkan beberapa stimulus dan pertanyaan-pertanyaan yang akan membuat siswa dan dirinya sendiri berusaha mencari tahu tentang topik yang sedang dibahas. Guru perlu memodelkan kepada siswa bagaimana ia berpikir, meliputi pengajuan pertanyaan, proses pengumpulan informasi, hingga mengolah informasi yang diperoleh itu untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang tadi diajukan. Juga, guru perlu mengajarkan bagaimana merevisi pertanyaan-pertanyaan yang telah diajukan menjadi pertanyaan-pertanyaan baru sehingga pembelajaran inkuiri itu selalu bersiklus. Ini akan membuat guru dan siswa yang terlibat dalam pembelajaran inkuiri akan belajar secara lebih mendalam, dan tentunya nanti juga akan memberikan pemahaman yang lebih mendalam pula tentang topik yang sedang dikaji.
    Teruskan Membaca »
  • 0 komentar:

    Posting Komentar