• Perkembangan Berbahasa Anak (Seri Psikologi Pendidikan)

    Bagaimana Anak Mengembangkan Kemampuan Berbahasa?

    Pernahkah Bapak dan Ibu guru memikirkan tentang bagaimana seorang anak dapat menguasai bahasa yang mereka gunakan sehari-hari? Semua anak dapat menguasai Bahasa Ibu mereka tersebut dengan sangat baik, terkecuali pada anak-anak dengan kasus khusus seperti adanya cacat fisik seperti tuli.

    Para ahli psikologi perkembangan beranggapan bahwa banyak faktor terlibat dalam perkembangan bahasa anak, baik faktor biologis maupun faktor pengalaman-pengalaman yang mereka peroleh. Budaya memegang peranan besar dalam menentukan hal-hal penting untuk keterampilan berbahasa seseorang. Anak-naka mengembangkan kemampuan berbahasanya bersamaan dengan perkembangan kemampuan kognitifnya dengan terus-menerus secara aktif dan simultan menjadikan apa yang didengarnya masuk akal (dipikirkan) dan menemukan pola-pola kebahasaan dari puzzle-puzzle yang tercipta setiap harinya saat mereka berkomunikasi dengan orang-orang di sekitarnya. Walapun dalam proses ini seringkali terjadi bias, akan tetapi perkembangan berbahasa anak akan terus berlanjut sehingga menjadikan seorang  dengan keterampilan berbahasa yang memadai untuk berkomunikasi dengan orang lain.

    tahukah bapak dan ibu guru bagaimana anak mengembangkan kemampuan dan keterampilan berbahasanya? Sejak kapan kemampuan berbahasa pada anak dibangun? Apa efek penggunaan 2 bahasa pada anak?
    anak dapat mencampuradukkan tata bahasa 2 bahasa yang dipelajari

    Keragaman Bahasa dan Perkembangan Keterampilan Dua Bahasa

    Anak-anak Indonesia memiliki bahasa yang mereka gunakan di rumah berbeda dengan bahasa yang digunakan secara formal di sekolah, yaitu bahasa Indonesia. Untungnya dalam perkembangan kebahasaan kedua bahasa (bahasa daerah dan bahasa Indonesia) tidak saling mengganggu. Bahkan menurut penelitian yang dilakukan oleh Cummins, 1984 dan 1994, bahwa ternyata penguasaan bahasa pertama akan memudahkan penguasaan bahasa yang kedua. Bagia anak-anak yang harus menguasai dua bahasa sekaligus, pada usia 2 -3 tahun perkembangan kebahasaannya akan melambat karena mereka belum memahami sepenuhnya bahwa mereka sedang menggunakan (mempelajari) dua bahasa yang berbeda. Anak-anak ini dapat mencampuradukkan tata bahasa antara bahasa yang satu dengan bahasa yang lain.
    Teruskan Membaca »
  • 0 komentar:

    Posting Komentar