• Cara mengatasi perut kembung, apa obatnya?


    Perut kembung adalah sebuah kondisi gangguan pencernaan dengan di tandai atau gejala yang dirasakan adalah seperti perut terasa penuh dan kencang, terkadang terlihat membuncit serta dibarengi dengan rasa mual, kondisi tersebut tentunya sangat mengganggu dan dapat menyebabkan kita merasa sangat tidak nyaman dikarenakan jika mengalami perut kembung biasanya akan disertai dengan sering mengeluarkan gas atau sering kentut, sering bersendawa dan perut serasa sangat tidak nyaman, perut kembung sangat umum terjadi baik pada orang dewasa maupun anak-anak.

    Cara mengatasi perut kembung
    source pics : goodtoknow.co.uk

    Penyebab perut kembung biasanya berkaitan dengan jenis makanan serta minuman yang sobat konsumsi serta cara mengkonsumsi makanan atau minuman tersebut, dan berikut ini adalah beberapa kemungkinan lain yang bisa menjadi penyebab perut kembung :
    1. Gangguan saluran pencernaan seperti asam lambung naik, perut begah dan sebah, radang lambung, peradangan kandung empedu, sembelit atau konstipasi serta gangguan saluran pencernaan lainnya dapat memicu kita mengalami perut kembung
    2. Terserang infeksi oleh bakteri Helicobacter Pylori, bakteri tersebut biasanya menginfeksi perut kita saat masa kanak-kanak dahulu, mungkin bagi sebagian orang bakteri tersebut tidak mengakibatkan permasalahan yang berarti tapi bagi sebagian orang bakteri tersebut dapat mengakibatkan permasalahan seperti peradangan dalam organ perut, tukak lambung dan menyebabkan asam lambung tinggi.
    3. Terjadi infeksi usus yang dapat menyebabkan timbulnya penyakit diare dan berbagai permasalahan perut yang lain dan memicu timbulnya kembung.
    4. Alergi terhadap suatu makanan tertentu yang akhirnya memicu dan menyebabkan perut kembung.
    5. Makan dan minum terlalu cepat yang menyebabkan banyak udara tertelan.
    6. Meminum minuman yang bersoda dan mengandung kafein terlalu tinggi juga dapat menyebabkan timbulnya asam lambung yang merupakan salah satu penyebab perut kembung.
    7. Terlalu banyak merokok juga dapat mengakibatkan kita terserang kembung
    8. Sedang dalam masa kehamilan
    9. Terjadinya perubahan hormon pada seorang wanita pada saat PMS atau sebelum menstruasi
    10. Mengkonsumsi jenis obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan perut kembung, berikut ini adalah beberapa obat yang bisa menimbulkan kembung di perut kita.

    Bagaimana cara mengatasi perut kembung dan apa obatnya?


    Perut kembung bisa diatasi atau diantisipasi dengan melakukan beberapa penyesuaian atau perubahan kecil dari pola hidup sobat, dan berikut ini adalah beberapa langkah untuk mengatasi perut kembung :
    • Banyak minum air putih
    • Mengunyah dengan perlahan dan lebih lembut pada saat makan dan kurangi porsi makanan tersebut
    • Hindari memakan makanan yang dapat menimbulkan banyak gas pada saat dicerna di dalam perut seperti makanan gorengan dan makanan yang mengandung banyak lemak
    • Hindari minum minuman yang mengandung banyak kafein dan minuman yang mengandung soda serta alkohol
    • Berhenti merokok merupakan salah satu langkah untuk mengatasi perut kembung
    • Kurangi meminum produk susu yang mengandung laktosa cukup tinggi bisa juga diganti dengan susu berlaktosa rendah seperti yogurt
    • Berolahraga dapat membantu mengeluarkan gas dalam perut kita.

    Selain itu sobat bisa menggunakan berbagai macam obat yang ampuh untuk mengatasi perut kembung di apotik seperti berikut ini :
    • Dimethicone atau dimethylpolysiloxane, obat apotik yang digunakan untuk mengurangi kembung pada perut, serta gangguan saluran pencernaan dikarenakan kelebihan gas pada perut kita.
    • Domperidone, obat yang digunakan untuk membantu meningkatkan daya pengosongan organ lambung serta tekanan di esophagus sprinkter
    • Disflatyl, obat perut kembung di apotik yang ampuh dan cukup manjur untuk mengatasi kembung di perut.
    • Metoclopramide, obat apotik untuk perut kembung yang cukup ampuh untuk mengobati perut kembung.
    • Cisapride, salah satu obat perut kembung di apotik yang cukup ampuh dan manjur untuk mengobati perut kembung.
    • Promag Gazero
    • Polysilane
    • Antangin JRG
    • Enzyplex, dll
    Sebenarnya perut kembung tidak sepenuhnya berbahaya jika ditilik dan dilihat dari sumber yang menjadi penyebabnya, beberapa langkah diatas adalah beberapa langkah yang bisa sobat gunakan untuk mengatasi perut kembung yang sedang sobat derita saat ini.

    Dan jika setelah melakukan cara untuk mengatasi serta mengkonsumsi obat perut kembung di apotik yang tertera diatas tersebut dan perut kembung yang sobat derita belum sembuh juga atau belum menampakkan perubahan maka sebaiknya segera bawa penderita tersebut ke Rumah Sakit atau ke Instansi Kesehatan terdekat supaya bisa diketahui apa yang menjadi penyebab perut kembung yang dialami oleh penderita tersebut, selain itu hal tersebut juga dimaksudkan supaya penderita mendapatkan pengobatan yang tepat dan lebih intensif tentunya, semoga lekas sembuh dan semoga informasi mengenai perut kembung dan apa obatnya tersebut bermanfaat. ( ragam-kerajinan )
  • 0 komentar:

    Posting Komentar