• Manfaat permen karet yang perlu anda tahu

    Permen karet adalah salah satu jenis jajanan yang sangat digemari oleh anak-anak karena teksturnya yang kenyal dan lentur seperti karet saat dikunyah-kunyah dan rasanya yang manis, selain itu keseruan mengunyah permen karet adalah bisa ditiup menjadi balon sampai besar hal tersebut yang membuat anak-anak sangat menyukai mengunyah permen karet.

    Mungkin banyak orang tua yang khawatir bila anak-anak mereka mengunyah permen karet karena takut permen karet tersebut secara tidak sengaja tertelan dan dapat menyebabkan gangguan pada perut si anak, tapi bagi anak-anak yang sudah mengerti cara makan permen karet rasanya hal tersebut akan sangat jarang terjadi.

    Permen karet tidak hanya disukai anak-anak saja bahkan saat ini banyak juga orang dewasa yang suka mengunyah permen karet, tapi bukan karena bisa dimainkan dan dibuat menjadi balon loh melainkan ingin mendapatkan berbagai macam manfaat dari mengunyah permen karet tersebut.

    Nah berikut ini adalah beberapa manfaat mengunyah permen karet yang perlu sobat tahu.

    Manfaat permen karet untuk kesehatan

    Manfaat permen karet untuk kesehatan

    • Gigi dan mulut
    Mengunyah permen karet dengan rutin sesaat setelah makan selama 10  menit hingga 20 menit dapat membantu meningkatkan produksi air liur yang digunakan untuk membantu membersihkan rongga mulut dan gigi dari bakteri yang dapat menyebabkan kerusakan pada gigi sehingga membantu mengurangi resiko kerusakan pada gigi kita.

    Selain itu permen karet juga digunakan sebagai penetralisir bau mulut terlebih lagi setelah sobat mengkonsumsi jenis makanan yang bau seperti makan jengkol dan petai atau makanan yang mengandung banyak bawang putih.
    • Fungsi Otak
    Terdapat sebuah penilitian yang dilakukan oleh Cognitive Research Unit dan University of Northumbria di Negara Inggris, pada penilitian tersebut menyebutkan bahwa dengan mengunyah permen karet dapat membantu meningkatkan daya ingat pada otak kita.

    Hal tersebut berdasar dari 2 buah teori yang mereke kemukakan bahwa pada saat mengunyah permen karet dapat menyebabkan detak jantung meningkat dan hal tersebut menyebabkan lebih banyak memompa oksigen ( O2 ) dan nutria ke otak, teori lainnya adalah pada saat seseoran mengunyah permen karet produksi insulin pada tubuh akan meningkat dan merangsang fungsi otak bagian kanan yang beruhubungan dengan memori serta daya ingat.

    Selain itu mengunyah permen karet juga dapat menyebabkan kita lebih berkosentrasi baik pada saat belajar ataupun pada saat bekerja, dikarenakan pada saat seseorang mengunyah permen karet rongga mulut melakukan aktifitas mengigit yang berulang-ulang dan hal tersebut membuat aliran darah ke Otak  menjadi lancar.
    • Menurunkan berat badan
    Mengunyah permen karet bebas gula dapat membantu membakar kalori pada tubuh, selain itu bagi yang sedang diet mengunyah permen karet bermanfaat mengurangi rasa lapar.
    • Pencernaan
    Manfaat permen karet untuk kesehatan lainnya adalah dapat membantu meningkatkan motilitas pada usus kita, dengan mengunyah permen karet akan menyebabkan kita sering menelan air liur, dan air liur tersebut dapat membantu mengurangi terjadinya asam lambung naik yang merupakan salah satu penyebab perut kembung.
    • Mengencangkan kulit wajah
    Siapa sangka ternyata manfaat permen karet juga bisa digunakan untuk mengencangkan kulit wajah serta mencegah munculnya keriput pada wajah, hal tersebut di kemukakan oleh seorang ahli kecantikan asal Amerika bahwa jika kita mengunyah permen karet secara rutin selama kurang lebih 15 menit tiap hari dapat membuat kulit pada wajah kita menjadi kencang dan memperlambat penuaan serta munculnya keriput.
    • Mengurangi stress
    Mengunyah permen karet dapat melepaskan ketegangan dan juga dapat mengurangi tingkat stress yang sedang sobat alami, pada saat sedang mengalami stress atau tekanan pada pikiran cobalah untuk mengunyah permen karet.
    • Mengatasi ngantuk di tempat kerja
    Pada saat sobat merasa sangat ngantuk di tempat kerja cobalah untuk mengunyah permen karet, dengan mengunyah permen karet otak akan lebih berkosentrasi sehingga dapat menyingkirkan rasa kantuk yang sedang sobat alami.
    • Mengurangi kecanduan merokok
    Biasanya bagi orang-orang yang sedang berusaha ingin berhenti dari kebiasaan merokok, mereka akan mengunyah permen karet, mengunyah permen karet dapat menekan serta mengurangi keinginan atau hasrat ingin merokok.

    Selain banyak manfaatnya untuk kesehatan mengunyah permen karet juga dapat menimbulkan berbagai macam kerugian salah satunya adalah dapat merusak tambalan pada gigi, jika sobat memiliki tambalan pada gigi sebaiknya kurangi mengunyah permen karet karena hal tersebut dapat membuat tambalan pada gigi sobat menjadi rusak.

    Yang perlu diingat jika sobat ingin mendapatkan manfaat dari mengunyah permen karet tersebut adalah permen karet yang digunakan merupakan permen karet yang bebas gula, untuk anak-anak anjurkan supaya tidak lebih dari 3 sampai 4 permen karet setiap harinya, jika permen karet sudah tidak berasa dan sudah mulai berkurang kelenturannya segera buang, nah semoga informasi mengenai manfaat permen karet tersebut bermanfaat. ( ragam-kerajinan )
  • 0 komentar:

    Posting Komentar