• Apa sih arti meme yang banyak beredar di internet dan di media sosial itu?

    Kata meme akhir-akhir ini cukup sering kita temui dan cukup populer keberadaannya di kalangan pengguna internet dan di kalangan para pengguna media sosial umumnya, mungkin juga sobat sudah tidak asing dan cukup sering mendengarkan serta melihat kata meme tersebut di berbagai media informasi baik berita di Televisi dan di internet, atau bahkan mungkin sobat malah sudah pernah ikut-ikutan menyebarkan hal yang berbau meme tersebut, tapi apakah sobat sudah mengetahui arti meme tersebut itu apa?

    Kata Meme (dilafalkan dengan “Mim” dan bukan Meme) sering digunakan sebagai sebuah ilustrasi yang cukup kreatif untuk menggambarkan sebuah kejadian atau situasi kejadian tertentu, sedangkan arti dari kata meme sendiri tersebut masih belum terlalu jelas akan makna pastinya.

    Pada situs Wikipedia sendiri kata Meme tersebut memiliki arti sebuah kegiatan, gagasan serta slogan yang menyebar melalui media internet dan menjadi viral hingga ditirukan oleh orang lain dengan melakukan hal yang sama.

    Meme juga bisa diartikan sebuah gagasan, perilaku atau kebiasaan yang menyebar dari orang ke orang lain dalam sebuah kultur budaya dan biasanya sebuah meme yang disebarkan tersebut berbentuk sebuah gambar, foto dan bisa juga dalam bentuk sebuah video, penyebaran Meme tersebut biasanya melalui blog, website, medsos dan dari sumber media informasi berita.

    Beberapa waktu yang lalu di tahun 2015 terdapat sebuah Meme yang cukup terkenal di kalangan Netter atau Netizen di Indonesia dan bisa sobat lihat dengan mengetikkan kata “sudah kuduga” pada search engine Google image dan disitu banyak sekali foto seorang pemuda dengan berbagai macam kalimat caption dan kata sudah kuduga, selain itu sempat juga sempat dihebohkan dengan Meme “Haji lulung”.
    apa arti meme
    contoh sebuah meme yang sempat booming di tahun 2015

    Istilah meme sebenarnya berasal dari kata Mimema dari bahasa Yunani yang berarti sesuatu yang menyerupai atau menirukan, pada Buku dengan judul Bazar Goes Bizzare yang ditulis oleh Karen Schubert dan terbit pada tahun 2003 disitu sang penulis menguraikan arti meme adalah “sesuatu” yang menjadi terkenal dan tersebar melalui media internet, sesuatu tersebut bisa diartikan seperti sebuah gambar, foto, video atau bahkan seseorang.

    Jika sobat perhatikan sebenarnya terdapat perbedaan yang cukup jauh antara akar istilah meme dengan arti kata meme yang berkembang akhir-akhir ini, yang berkembang di kalangan para netizen saat ini istilah meme melekat dengan istilah media visual atau gambar ilustrasi dengan diolah secara kreatif.

    Dan akhir-akhir ini yang berkembang di kalangan para netter dan netizen meme lebih digambarkan sebagai sebuah ilustrasi dengan menirukan sebuah obyek yang dituju dan dibuat dengan dengan gaya parodi dan diplesetkan, terkadang meme juga dibuat dengan gaya satire atau sindiran yang cukup tajam.

    Mungkin jika bisa kita ambil kesimpulan arti meme yang sering kita jumpai di internet dan diberbagai media berita serta media sosial tersebut bisa dimaknai dengan penyebaran sebuah informasi atau berita yang berbentuk gambar, foto, video atau seseorang dan hal tersebut ditirukan serta disebarkan lagi oleh orang lain dengan tujuan dibuatnya Meme tersebut sebagai sebuah bentuk lelucon atau sindiran untuk menggambarkan situasi atau ilustrasi dari suatu kejadian, IMHO. ( ragam-kerajinan )

    sumber :
  • 0 komentar:

    Posting Komentar