• Pantai Balongan Menjadi Tempat Ngabuburit Selama Bulan Puasa

    Pantai Balongan Indah merupakan pantai yang terletak di desa Balongan Kecamatan Balongan Kabupaten Indramayu. Dengan pesona keindahan yang dimilikinya, pantai balongan ini mampu menarik wisatawan untuk mengunjunginya. Mulai dari anak-anak sampai orang tua hampir tiap akhir pekan ramai berkunjung ke tempat ini.

    Namun, berbeda dengan hari-hari biasanya. Selama memasuki bulan Ramadhan, Pantai Balongan Indah ramai dikunjungi pengunjung.  Tiap sore menjelang berbuka puasa, Mereka ngabuburit di pantai balongan. Sambil menunggu buka puasa, mereka melihat indahnya hamparan laut di Pantai Balongan.

    Kebiasaan ngabuburit nampaknya menjadi suatu hal yang biasa dilakukan oleh masyarakat. Aktifitas yang dilakukan selama ngabuburit beragam, ada yang jalan-jalan di tepi pantai, ada yang kebut-kebutan, ada yang hanya nongkrong-nongkrong di tepi jalan, dsb. Sayang juga ya... kalau aktifitas ngabuburit ini diisi dengan kegiatan-kegiatan yang kurang bermanfaat. Alangkah baiknya jika aktifitas ngabuburit kita isi dengan yang sifatnya refreshing tapi juga bisa bermanfaat dan bernilai ibadah. Misalnya dengan jalan-jalan ke pantai sambil tadabbur alam, membuat acara-acara diskusi di tempat terbuka yang bisa menambah keimanan dan wawasan keislaman kita, baca buku atau tadarussan di alam terbuka,dan masih banyak kegiatan-kegiatan positif lainnya yang bisa kita lakukan untuk mengisi waktu ngabuburit kita. Ngabuburit sah-sah saja dilakukan, asalkan tidak mengganggu aktifitas ibadah ramadhan kita. 

    Bulan Ramadhan adalah bulan yang sakral bagi seluruh umat Islam. Wajib bagi semua muslim untuk berpuasa di bulan suci Ramadan. Di bulan itu pintu surga dibuka artinya peluang untuk masuk surga lebih besar. Selain itu Allah juga menjanjikan melipat gandakan pahala dan bagi mereka yang berpuasa dengan penuh keimanan, Insya Allah akan diampuni dosa-dosanya. Mengingat keutamaan di bulan Ramadhan tersebut sebaikanya ngabuburit di isi dengan kegiatan-kegiatan positif sesuai syariat yang ada.




  • 0 komentar:

    Posting Komentar