• Pemanfaatan Batang Pohon Pisang Untuk Kerajinan Tangan

    http://ragam-kerajinan.blogspot.com/2014/09/pemanfaatan-batang-pohon-pisang-untuk.html

    Mulai dari buah, kulit, daun, batang, sampai akar-akarnya, bagian-bagaian dari pohon pisang tersebut bisa digunakan untuk sesuatu yang bermanfaat. Salah satunya batang pohon pisang yang bisa dimanfaatkan sebagai bahan untuk membuat kerajinan tangan. Kerajinan tangan yang terbuat dari batang poho pisang ini akan terlihat unik dan lebih natural.

    Batang pohon pisang yang telah diambil tandan buahnya biasanya langsung dipotong dan tidak terpakai lagi. Dari pada batang tersebut terbuang percuma, lebih baik batang pisang ini dijadikan sebagai bahan untuk membuat berbagai kerajinan tangan, seperti: bingkai foto, jepitan rambut, sampul buku, bros cantik, dan pernak-pernik lainnya.

    Membuat bahan kerajinan tangan dari batang pohon pisang ini sangatlah mudah. Bagaimana cara membuatnya? berikut langkah-langkahnya:
    • Carilah batang pohon pisang yang sudah ditebang
    • Potonglah batang pohon pisang tersebut dengan panjang kira-kira 1 meter, kemudian mulai kupas gedebok/helaian batangnya. Untuk mendapatkan batang pisang kering yang coklat bersih pilih bagian batang pisang yang sebelah dalam. 
    • Kemudian helaian batang pisang tersebut dibelah 2 bagian (sehingga menjadi 2 bagian, 1 bagian sebelah dalam & 1 bagian sebelah luar).
    • Kemudian direndam dengan air garam kira-kira 10 menit untuk menghilangkan getahnya.
    • Setelah direndam, angkat dan jemur hingga kering, dan dijaga jangan sampai terkena air hujan, karena dapat menjadikan batang pisang kering menjadi kehitam-hitaman.
    • Setelah helaian batang pohon pisang tersebut mengering, berarti helaian batang pohon pisang tersebut sudah siap untuk dijadikan bahan kerajinan tangan.
    Selanjutnya, silahkan anda kreasikan bahan dari batang pohon pisang tersebut menjadi bentuk kerajinan tangan. Semakin anda kreatif, semakin banyak jenis kerajinan tangan yang bisa anda buat dan tentunya bentuknya semakin unik. Selamat mencoba ya!


    Baca Juga:
  • 0 komentar:

    Posting Komentar