• Cara melipat Kertas Origami: Tonggeret

    Tonggeret, Serangga yang Unik

    Sebelum kita belajar melipat kertas origami menjadi bentuk serangga tonggeret, ada baiknya kita terlebih dahulu mengenal hewan yang satu ini. Tonggeret adalah hewan tak bertulang belakang (avertebrata) yang lebih banyak menghabiskan masa hidupnya sebagai larva di balik kulit-kulit pohon kayu di hutan. Larvanya senang sekali tinggal di dalam batang-batang kayu yang melapuk. Menurut para ahli, beberapa jenis tonggeret bahkan menghabiskan masa larva-nya hingga satu tahun di balik kulit kayu pohon. Kadangkala, serangga yang akan kita buat origaminya ini dapat tersesat masuk ke rumah pada malam hari karena tertarik dengan cahaya lampu. Ukurannya sebesar jempol kaki orang dewasa. Berwarna hijau dengan saya transparan agak kaku seperti perkamen, mirip tekstur sayap capung. Bentuknya seperti lalat berukuran raksasa. Bunyi yang dikeluarkannya khas sekali. Kalau kita sedang berada di hutan, suara serangga ini sangat mendominasi. Kamu bisa lihat gambar tonggeret, atau sering juga disebut cicada di bawah ini bersama bentuk origami yang sudah jadi. Lumayan mirip kan?

    Origami Tonggeret


    cara melipat kertas untuk membuat origami serangga tonggeret atau cicada yang unik
    origami serangga tonggeret atau cicada
    Karena saya menggunakan kertas origami hijau, jadinya tonggeret buatan saya seperti tonggeret pada gambar bawah-kanan itu ya. he..he...

    cara melipat kertas untuk membuat origami serangga tonggeret atau cicada yang unik
    tonggeret hidup di hutan pada kulit pohon
    Origami di atas sangat mudah dibuat. Langkah-langkahnya tidak banyak dan saya yakin dapat dengan mudah diingat oleh anak-anak SD.

    Teruskan Membaca »
  • 0 komentar:

    Posting Komentar