• Cara Membuat Ayam dari Janur Kelapa

    Mainan Tradisional dari Janur (Daun Kelapa)

    Kali ini sesuai janji saya beberapa waktu yang lalu saat memberikan tutorial cara pembuatan kerajinan tangan anak berbentuk kepiting, maka kembali kita akan melanjutkan dengan tutorial berikutnya berkaitan dengan bahan baku dari alam yaitu daun kelapa muda atau yang dikenal juga dengan istilah janur. Pada tutorial ini kita akan belajar membuat kerajinan tangan anak berbentuk ayam.

    Lihatlah gambar mainan mungil berbentuk ayam dari bahan alam berupa daun kelapa muda berikut. Unik bukan? Kerajinan tangan ini dapat diajarkan kepada anak-anak sebagai dasar untuk seni menganyam janur, misalnya pembuatan ketupat. Caranya tidak terlalu sulit, walaupun pada artikel ini sekilas tampak panjang. Ini dikarenakan setiap langkah saya coba untuk uraikan sedetil mungkin dengan disertai gambar-gambar per langkah tersebut.

    langkah-langkah membuat kerajinan tangan anak berbentuk ayam yang lucu dari bahan alami janur kelapa a
    ayam dari janur, mainan tradisional contoh kerajinan tangan anak yang unik

    Cara Membuat Mainan Tradisional dari Janur Kelapa Muda: Ayam

    • Sebagaimana telah disebutkan sekilas di awal tulisan tutorial ini, maka bentuk dasar ayam sebenarnya sama dengan bentuk kepiting yang telah diuraikan langkah-langkah pembuatannya beberapa waktu yang lalu. Jadi saya hanya akan memulai langkah pembuatan mulai bentuk dasar yang telah diajarkan tersebut. Untuk memulainya kita harus memiliki sebuah bentuk "ketupat" mungil seperti Gambar 14. Jika anda lupa bagaimana cara membuat "ketupat" mungil ini, maka anda dapat membaca kembali langkah-langkahnya di tutorial Cara Membuat Kepiting dari Janur Kelapa" . Pada artikel tersebut anda akan menemukan foto-foto dan penjelasan cara pembuatannya.
    Teruskan Membaca »
  • 0 komentar:

    Posting Komentar