• Cara Membuat Kepiting dari Daun Kelapa (Janur)

    Mainan Tradisional Kepiting dari Janur (Daun Kelapa Muda)

    Saya rasa bentuk kerajinan tangan anak (prakarya) dari daun kelapa muda (janur) ini merupakan salah satu artikel favorit saya. Lihatlah bentuk kepiting yang berhasil dianyam dari sebuah daun kelapa ini. Tampak begitu artistik. He..he... Bentuknya 3 dimensi dan mirip sekali dengan kepiting sungguhan. Pola warna hijau tua dan kuning gading dari janur membuatnya tampak begitu indah. Cara membuatnya sebenarnya tidak terlalu sulit. Kalau mau membuatnya juga, silakan teruskan membaca tulisan ini sampai selesai. Oh ya, saya juga sedang menyiapkan foto-foto dan deskripsi cara pembuatan mainan tradisional lainnya dari daun kelapa muda atau janur ini. Jadi jika anda menyukainya, anda dapat kembali lagi ke blog ini dalam beberapa pekan ke depan.

    Cara Membuat Kepiting dari Daun Kelapa (Janur) cover
    kepiting dari daun kelapa (janur)
    Baiklah sekarang kita akan mulai tutorial cara membuat mainan tradisional kepiting dari janur ini.

    Cara Membuat Kepiting (Mainan Tradisional) dari Janur Kelapa

      • Siapkan sehelai daun kelapa muda, buang lidinya. Kita akan membutuhkan 2 belahan daun tanpa lidi. Gunakan cutter atau ujung kuku anda untuk melakukannya.
      • Ambil satu helai belahan daun. Posisikan seperti gambar 1.
      • Gambar 2: Sekarang ambil helaian kedua lalu masukkan di tengah-tengah lengkungan daun pertama. Perhatikan tanda-tanda pengenal a, b, c, dan d yang saya berikan pada keempat ujung helaian daun kelapa. Ini saya harapkan dapat membantu anda untuk lebih memahami gambar-gambar yang saya berikan dalam mengerjakan kerajinan tangan anak yang berbentuk kepiting ini.
      • Setelah itu, perhatikan, saya mengambil ujung c dan meletakkannya di bawah helaian a. (Gambar 3)
      Teruskan Membaca »
    1. 0 komentar:

      Posting Komentar