• Kerajinan Tangan dari Janur Kelapa : Burung

    Burung Cenderawasih dari Janur Daun Kelapa yang Cantik

    Masih melanjutkan tutorial cara membuat kerajinan tangan dari janur atau daun kelapa muda pada tulisan sebelumnya Cara Membuat Prakarya Kepiting dari Janur Daun Kelapa, maka kali ini kita akan belajar bagaimana membuat bentuk burung cendrawasih yang cantik. Pada dasarnya, langkah-langkahnya mirip dengan Pembuatan Kerajinan Tangan dari Sedotan Plastik Berbentuk Belalang yang juga telah saya berikan tutorialnya beberapa waktu yang lalu. Hanya saja perbedaannya ada pada penggunaan jenis bahan yang dipakai. Jika pada pembuatan belalang menggunakan bahan buatan (sintetis dari pabrik), sekarang diaplikasikan dengan menggunakan bahan alami berupa janur atau daun kelapa muda. Selain itu perbedaannya ada pada penggunaan lidi sebagai tulang punggung bentuk burung cenderawasih ini dengan cara dilingkarkan terlebih dulu.

    Biar lebih jelas, bagi anda yang tertarik untuk mencoba membuatnya sebagai mainan tradisional anak atau pelengkap rangkaian janur, maka ikutilah langkah-langkahnya berikut dengan disertai gambar (foto-foto) untuk membuatnya lebih jelas.

    cara membuat kerajinan tangan atau prakarya dari janur daun kelapa muda berupa burung cenderawasih
    burung cenderawasih yang anggun ini dibuat dari janur daun kelapa muda

    Langkah-Langkah Membuat Burung Cenderawasih dari Janur (Daun Kelapa Muda).

    Sebelum mulai, persiapkan sehelai daun kelapa muda lengkap dengan lidinya. Siapkan juga gunting dan cutter untuk memotong bagian-bagian daun kelapa muda ini selama proses pembuatannya. Baiklah, sekarang simak penjelasannya sambil perhatikan foto-foto yang diberikan.
    • Rapikan pangkal daun kelapa dengan gunting.
    • Gunakan cutter untuk memisahkan lidi dari helaian daun, pada dua per tiga panjang daun dari arah pangkal. Biarkan sepertiga bagian ujung lidinya tetap melekat pada kedua helaian daun. Lihat Gambar 1.
    Teruskan Membaca »
  • 0 komentar:

    Posting Komentar