• Origami Perahu yang Gampang untuk Anak SD

    Origami yang Sangat Dikenal Anak-Anak : Perahu Layar 

     Saat saya masih kecil, waktu itu duduk di bangku SD kelas rendah, saya sudah dapat membuat origami perahu dari halaman-halaman buku tulis yang saya copot. Saya juga biasa membuatnya dari kertas koran bekas. Origami kapal ini mudah karena cara melipatnya sama dan berulang. Walaupun demikian, origami yang satu ini tentu sedikit lebih sulit dibanding origami perahu layar untuk anak TK yang pernah kita berikan tutorialnya di sini: Cara Membuat Origami Perahu Layar Sangat Mudah untuk Anak-Anak TK.

    Origami perahu atau kapal ini tentu saja dapat dimainkan di dalam baskom berisi air. Tapi kalau terlalu lama terendam air, kertas bahan pembuatnya akan menyerap air dan perahu tentu akan tenggelam. Dulu sekali, saya suka memainkannya di dalam bak mandi.

    cara dan langkah-langkah disertai gambar untuk melipat kertas membentuk origami perahu layar sederhana untuk anak SD
    pernah bikin origami perahu layar ini?
    Jika anda ingin bernostalgia atau ingin mengajarkan anak-anak origami yang mudah ini, silakan ikuti langkah-langkah yang diberikan bersama foto-fotonya berikut ini.

    Langkah-Langkah Membuat Origami Perahu Layar untuk Anak SD

    • Siapkan selembar kertas HVS. Ukuran folio atau quarto boleh. Dapat pula kita menggunakan kertas buku tulis. Yang jelas, gunakan kertas dengan bentuk persegi panjang (bukan bujur sangkar seperti yang biasa diberikan pada kertas origami).
    • Posisikan kertas dengan sisi panjangnya di bagian samping (berdirikan kertas / vertikal).
    • Lalu lipat dari arah bawah menuju ke atas sehingga hasilnya akan tampak seperti gambar 1.
    • Lipat ke arah samping kanan seperti gambar 2. Lipatan ini hanya difungsikan untuk menemukan garis tengah.
    Teruskan Membaca »
  • 0 komentar:

    Posting Komentar