• manfaat dan khasiat jengkol untuk kesehatan

    Apakah sobat termasuk salah satu penggemar jengkol? Kalau benar beruntunglah anda, dibalik kesan negatif yang sering menghantui kita saat mengkonsumsi jengkol seperti bau mulut dan bau air kencing yang menyengat dan cukup mengganggu bagi orang-orang disekitar kita yang tidak suka mengkonsumsinya, ternyata khasiat jengkol sangat banyak manfaatnya untuk kesehatan tubuh kita.

    Jengkol merupakan buah polong-polongan yang cukup digemari oleh masyarakat untuk dikonsumsi sebagai bahan pangan meskipun setelah mengkonsumsi jengkol tersebut kita akan menghasilkan bau yang cukup tidak sedap, selain di Negara kita jengkol juga sangat diminati di Negara tetangga seperti Malaysia, Thailand, brunai dan Myanmar.

    manfaat jengkol untuk kesehatan
    jengkol


    Selain mudah diperoleh jengkol juga mudah dalam cara mengkonsumsinya cukup di goreng dan dijadikan sebagai lalapan selain itu juga bisa diolah dan disajikan menjadi berbagai macam olahan sayuran seperti rendang jengkol dan semur jengkol.

    Dan pada kesempatan kali ini ragam-kerajinan akan membagikan sedikit informasi mengenai khasiat jengkol dan bermacam-macam manfaatnya yang sangat bagus untuk kesehatan tubuh kita.

    Khasiat jengkol untuk kesehatan.

    Jengkol memiliki banyak kandungan nutrisi yang sangat baik untuk tubuh kita seperti vitamin, asam jengkolat, kadar serat tinggi dan kadar mineral yang cukup tinggi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita, dan vitamin yang terkandung dalam jengkol antara lain vitamin A, vitamin B6, vitamin B1, vitamin B2,vitamin B12 dan vitamin C.

    Akan tetapi jengkol memiliki kandungan asam jengkolat yang apabila dikonsumsi secara berlebihan akan mengakibatkan kita keracunan jengkol dan menyebabkan terjadinya retensi urin, kejang otot dan gagal ginjal akut, dan asam jengkolat adalah zat sulfur yang menyebabkan bau tak sedap setelah kita mengkonsumsi jengkol, jadi sebaiknya apabila anda mengkonsumsi jengkol hendaknya tidak secara berlebihan.

    Pada beberapa artikel kesehatan dan diantaranya Wikipedia.org yang mengulas mengenai manfaat mengkonsumsi jengkol untuk kesehatan kita disitu disebutkan bahwa jengkol sangat bagus untuk mencegah anemia, jantung koroner, mengatasi diabetes dan juga bagus untuk dikonsumsi oleh ibu hamil.

    Manfaat jengkol untuk mengatasi diabetes

    Jengkol dipercaya sangat bagus dalam mengontrol kadar gula dalam darah, fruktosa yang terdapat pada aliran darah dapat terurai dengan baik dan tidak akan terjadi penimbunan gula yang berlebih dalam darah, selain itu kandungan gula dalam jengkol bisa dimanfaatkan oleh tubuh untuk menambah tenaga hal tersebut dikarenakan kandungan gula yang terdapat dalam jengkol sangat mudah diolah untuk menjadi energy dalam tubuh kita.

    Khasiat jengkol untuk jantung koroner

    Jengkol yang diolah secara benar dan tidak terlalu matang dalam memasaknya dipercaya bisa mengatasi terjadinya jantung koroner, hal tersebut dikarenakan kandungan mineral yang terdapat dalam jengkol dapat mencegah terjadinya penyempitan pembuluh darah yang mengganggu aliran darah menuju jantung atau melancarkan aliran darah menuju jantung.

    Manfaat jengkol untuk ibu hamil

    Jengkol ternyata juga memiliki banyak manfaat untuk dikonsumsi oleh ibu hamil, dikarenakan dalam jengkol terdapat kandungan kalsium yang sangat dibutuhkan dan sangat bagus untuk pertumbuhan tulang dan gigi sang janin dalam masa kandungan.

    Khasiat jengkol untuk ibu hamil lainnya adalah untuk mengatasi sembelit pada ibu hamil, hal tersebut dikarenakan dalam jengkol mengadung banyak serat, dan tentu saja dalam mengkonsumsinya juga harus diperhatikan dan dibatasi.

    Nah demikianlah sedikit informasi mengenai manfaat dan khasiat jengkol yang bagus untuk kesehatan kita dan juga khasiatnya untuk ibu hamil, dan sekali lagi ingat bijaklah dalam mengkonsumsi jengkol tersebut dikarenakan kandungan asam jengkolat yang terkandung dalam biji jengkol bisa mengakibatkan keracunan biji jengkol.
  • 0 komentar:

    Posting Komentar