• Cara Mengatasi Panas Dalam dengan Obat Alami

    Panas Dalam sebenarnya bukanlah suatu penyakit melainkan sebuah kondisi dimana tubuh kita mengalami peningkatan suhu panas yang terjadi pada sistem saluran pencernaan kita, dalam dunia medis tidak dikenal istilah panas dalam hanya saja istilah panas dalam tersebut muncul dikarenakan kebiasaan masyarakat menyebut kondisi tersebut dengan istilah panas dalam.

    Cara Mengatasi Panas Dalam

    Penyebab Panas Dalam

    Panas dalam dapat terjadi dikarenakan tubuh kita kekurangan asupan Vitamin C, mengalami kekurangan cairan tubuh atau dehidrasi, kekurangan serat, dikarenakan cuaca panas yang sedang terjadi, bisa juga terjadi dikarenakan setelah memakan gorengan.

    Selain itu panas dalam juga dapat timbul dikarenakan kita mengkonsumsi beberapa jenis makanan tertentu yang bersifat “panas” secara berlebih atau tidak seimbang dengan makanan yang bersifat “dingin”, makanan yang termasuk bersifat panas seperti contohnya mengkonsumsi cabai berlebih, mengkonsumsi jahe, lemak, gorengan, mengkonsumsi buah duren berlebihan dan sebagainya, untuk contoh makanan yang bersifat dingin seperti sayur-sayuran dan buah-buahan.

    Panas dalam bukanlah suatu gangguan kesehatan yang berbahaya tapi jika tidak segera ditangani gangguan panas dalam dapat mengakibatkan berbagai macam gangguan kesehatan lainnya timbul.

    Berikut ini adalah berapa ciri-ciri dan gejala panas dalam yang biasa muncul pada saat sobat mengalami kondisi tersebut.


    Gejala Panas Dalam yang biasa muncul :
    • Sariawan
    • Bibir pecah-pecah
    • Bau mulut yang cukup tidak sedap
    • Perut terasa panas
    • Ambeien
    • Sembelit atau susah BAB
    • Mengalami gangguan tenggorokan seperti batuk, radang tenggorokan atau tenggorokan terasa kering
    • Tubuh terasa lemas atau tidak fit
    • Mudah bersin
    • Badan meriang atau demam

    Cara mengobati panas dalam dengan bahan alami dan tradisional

    Untuk menyembuhkan dan mengatasi panas dalam sobat bisa menggunakan bahan alami yang mudah ditemukan disekitar sobat yang tentunya ampuh dan manjur untuk menghilangkan panas dalam yang sobat alami.

    Berikut ini adalah beberapa bahan alami yang bisa sobat gunakan sebagai obat panas dalam :
    • Air kelapa muda
    Air kelapa muda selain sangat segar diminum saat haus dan saat udara sedang panas ternyata sangat ampuh untuk mengatasi panas dalam, caranya minum satu buah air kelapa dengan ditambahkan 3 sendok makan madu dan minum sampai habis, lakukan rutin sehari sekali.
    • Cincau
    Cincau sangat bagus untuk mengobati panas dalam karena cinacu bersifat dingin dan juga memiliki banyak kandungan serat, campur cincau dengan madu kemudian konsumsi sehari 2 kali secara rutin, selain dapat dijadikan obat panas dalam cincau juga sangat bagus untuk mengatasi sembelit.
    • Kacang hijau
    Air rebusan kacang hijau sangat bagus untuk meredakan panas dalam caranya rebus hingga mendidih dua genggam kacang hijau dengan ditambahkan gula batu dan 2 ruas jahe, minum 2 kali sehari secara rutin hingga panas dalam sembuh.
    • Telur ayam kampung
    Telur ayam kampung mentah sangat bagus untuk mengobati panas dalam, caranya campur telur ayam kampung mentah dengan 1 sendok makan madu dan ditambahkan dengan sedikit sari perasan kunyit, minum sehari sekali.
    • Rambut jagung muda
    Rebusan air rambut jagung muda juga ampuh untuk mengatasi panas dalam, rebus rambut jagung muda dengan ditambahkan 1 atau 2 ruas jahe hingga mendidih tambahkan gula batu kemudian saring dan minum selagi hangat sehari sekali, lakukan rutin hingga panas dalam mereda.
    • Kencur
    Selain ampuh digunakan untuk mengobati batuk kencur juga bagus untuk dijadikan obat panas dalam, gunakan 2 ruas kencur yang sudah dicuci bersih kemudian parut dan peras untuk diambil sarinya, seduh sari tersebut dengan segelas air hangat dan tambahkan sedikit madu, minum secara teratur 2 kali sehari hingga panas dalam sembuh.

    Pengobatan lain yang harus sobat lakukan jika menderita panas dalam adalah dengan banyak mengkonsumsi air putih supaya kekurangan cairan bisa teratasi, perbanyak mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan yang mengandung banyak serat, dan hindari memakan makanan yang bersifat panas dan mengandung banyak lemak.

    Nah jika saat ini sobat sedang menderita panas dalam silahkan sobat coba cara mengatasi panas dalam menggunakan obat alami dari alam yang dapat dengan mudah ditemui disekitar kita seperti yang terdapat pada ulasan artikel diatas, semoga lekas sembuh.(ragam-kerajinan)
  • 0 komentar:

    Posting Komentar