• Cara Meningkatkan Rasa Percaya Diri Siswa

    Pada tulisan kali ini kita akan membahas bagaimana cara menumbuhkan dan meningkatkan rasa percaya diri pada siswa. Sebelumnya pada tulisan tentang Kebutuhan Dasar Siswa dan Pendidikan yang Adaptif, disebutkan bahwa salah satu kebutuhan dasar itu adalah kompetensi. Kemudian pada tulisan lainnya Cara Menumbuhkan Kompetensi Siswa dalam Pembelajaran Di Kelas disebutkan bahwa salah satu unsur yang penting untuk meningkatkan kompetensi mereka diperlukan adanya rasa percaya diri pada siswa.

    Ada banyak cara yang dapat dilakukan oleh guru untuk meningkatkan rasa percaya diri pada siswa saat pembelajaran di kelas. Beberapa cara di antaranya adalah sebagai berikut.

    rasa percaya diri self confidence) adalah modal penting bagi siswa untuk mempelajari sesuatu di kelas yang diampu guru. Oleh karena itu guru perlu melakukan cara-cara khusus untuk ini
    bangun rasa percaya diri siswa anda

    Umpan Balik Positif

    Feedback atau umpan balik positif adalah umpan balik yang diberikan oleh seorang guru ketika siswanya berhasil melakukan suatu tugas atau mampu menyelesaikan suatu permasalahan dalam pembelajaran dengan baik. Bentuknya bisa bermacam-macam dan seringkali sangat sederhana tetapi amat penting untuk meningkatkan rasa percaya diri mereka. Misalnya saja ketika Tari berhasil menyelsaikan sebuah kerajinan tangan dari kertas bekas, guru prakarya-nya Bu Sulis memberikan umpan balik positif berupa pujian, "wah bagus sekali kombinasi warna yang kamu pakai untuk membuat tempat pensil dari kertas bekas ini. Ibu suka sekali melihatnya." Walaupun pendek dan sederhana, tetapi jika dilakukan dengan tulus dan senyuman, maka Tari sebelumnya terlihat ragu-ragu dan tidak yakin akan hasil kerajinan tangan untuk tugas prakarya menjadi lebih percaya diri. Kadang-kadang pesan simbolikpun dapat diberikan oleh guru, misalnya Pak Jodi yang mengacungkan jempolnya kepada Yasin yang telah menyelesaikan soal matematika dengan baik.

    Teruskan Membaca »
  • 0 komentar:

    Posting Komentar