• Cara Meningkatkan Rasa Percaya Diri Siswa (2)

    Sebelum telah ditulis di blog ini Cara Menumbuhkan dan Meningkatkan Rasa Percaya Diri Siswa (Bagian 1), sekarang akan dilanjutkan dengan bagian 2. Terpaksa tulisan ini dibagi 2 karena sesungguhnya ada banyak cara yang dapat dilakukan oleh guru untuk menumbuhkan dan meningkatkan ras percaya diri siswa.

    Pengetahuan Awal

    Ketika memulai pelajaran, guru sebaiknya memulai dengan apersepsi sambil memotivasi siswa. Hal ini penting dilakukan dalam upaya penumbuhan rasa percaya diri siswa ketika akan memulai pembelajaran yang baru. Dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan atau mengadakan diskusi kelas singkat tentang hal-hal yang telah diketahui siswa (pengetahuan awal), yang telah mereka miliki maka guru tidak hanya menjadikan pembelajaran lebih mudah dipahami tetapi juga akan membuat siswa percaya diri untuk mempelajarinya karena siswa anggap ia telah mempunyai modal awal untuk itu.

    ini adalah bagian kedua tulisan tentang cara menumbuhkan dan meningkatkan rasa percaya diri pada siswa oleh seorang guru dalam pembelajaran di kelasnya
    rasa percaya diri itu sangat penting

    Bagi Bahan Ulangan (Tes) dalam Jumlah Kecil

    Tes formatif yang baik adalah tes yang diberikan setelah sebuah unit pembelajaran dilakukan. Akan tetapi jika unit pembelajaran itu terlalu besar dan diperkirakan terlalu menyulitkan siswa untuk menanganinya, maka lebih baik unit pembelajaran itu dibagi menjadi 2 atau 3 kali tes formatif singkat. Ini akan membuat siswa lebih mudah untuk mencapai keberhasilan dalam tes formatif (ulangan harian) mereka. Memberikan kesempatan yang lebih besar untuk meraih kesuksesan dalam mengerjakan soal-soal tes formatif akan menumbuhkan kepercayaan diri siswa bahwa mereka mampu untuk mempelajari suatu bahan pembelajaran.

    Teruskan Membaca »
  • 0 komentar:

    Posting Komentar