• Jangan Sampai Guru Merendahkan dan Menghina Siswa

    Dipermalukan oleh guru, barangkali adalah kejadian yang hampir pernah dialami oleh setiap siswa. Ada beragam cara guru merendahkan dan menghina siswa tanpa sadar, bisa melalui kata-kata, mimik wajah, gestur, dan bahasa tubuh. Siswa yang merasa direndahkan dan dipermalukan di depan teman-temannya tentu akan merasa sakit hati. Hal ini tentu tidak baik bagi mereka secara psikologis. Sangat penting bagi guru untuk berusaha tidak merendahkan dan menghina siswa terlebih-lebih di depan teman-temannya atau orang lain. Lalu bagaimanakah cara guru untuk menghindari terjadinya hal ini?

    Mengapa Guru Merendahkan dan Menghina Siswa?

    Berbagai penyebab dapat memicu seorang guru yang sangat baik sekalipun untuk melakukan ini. Tentunya hal tersebut dilakukan oleh guru tanpa sengaja, ataupun bukan untuk tujuan itu. Beberapa penyebab guru dapat merendahkan dan menghinakan siswa tanpa sadar antara lain untuk mengontrol perilaku siswa yang dianggap tidak atau kurang baik dan biasanya karena guru yang bersangkutan telah putus asa saat mencoba memperbaiki mereka cara-cara yang lazim. Ada juga guru yang melakukannya karena guru yang bersangkutan kehilangan kepercayaan dirinya di hadapan siswa, misalnya ketika pendapat siswa terlihat lebih baik dari pendapatnya dan baginya hal tersebut seakan merendahkannya (padahal guru bukanlah orang yang paling tahu dan pintar) karena kekerdilan jiwanya. Beberpa guru lainnya melakukannya karena siswa-siswa itu sendiri sering merendahkan dan menghinakan diri mereka sendiri di depan khalayak, kemudian gurupun ikut-ikutan tanpa sadar juga melakukannya.

    ternyata hampir semua siswa pernah merasa direndahkan dan terhina oleh perilaku dan kata-kata guru. Stop, jangan sampai ini terjadi dengan anda yang merupakan guru mereka
    mungkinkah guru bisa merendahkan dan menghina siswanya sendiri?

    Beberapa Cara untuk Menghindarkan Guru dari Merendahkan dan Menghina Siswa

    Ada beberapa cara yang dapat menghindarkan guru dari kesalahan yang sangat fatal ini. Seorang pendidik tentunya tidak pantas melakukan ini kepada siswanya sendiri. Beberapa cara itu antara lain:
    Teruskan Membaca »
  • 0 komentar:

    Posting Komentar