• Melaksanakan Model Pembelajaran Berbasis Proyek? Perhatikan Hal-Hal Berikut

    Apakah saat ini bapak dan ibu guru sedang mencoba menerapkan model pembelajaran berbasis proyek di kelas yang bapak dan ibu guru ampu? Dan ini adalah pengalaman pertama, atau bapak dan ibu guru belum terbiasa dengan model pembelajaran ini? Beberapa guru yang telah melaksanakan pembelajaran ini (saya rangkum dari beberapa sumber di internet), ternyata memperhatikan hal-hal berikut saat melaksanakannya di kelas mereka.

    rangkuman pengalaman guru-guru dari berbagai sumber di internet tentang hal-hal yang perlu diperhatikan saat baru mulai mencoba menerapkan model pembelajaran berbasis proyek (projects based learning - PjBL)
    Guru-guru yang berhasil melaksanakan PjBL memperhatikan hal-hal ini

    Menentukan Tujuan Pembelajaran dengan Jelas

    Pada model pembelajaran proyek, beberapa guru yang belum berpengalaman sering mengalami kekecewaan karena apa yang mereka harapkan sebagai proses dan hasil pembelajaran siswa belum sebagaimana yang guru harapkan. Berdasarkan pengalaman guru-guru ini, hal tersebut dapat diperbaiki dengan menentukan tujuan pembelajaran secara jelas dan disampaikan kepada siswa juga dengan jelas. Jadi siswa tahu apa yang anda inginkan dari pembelajaran yang mereka lakukan selama mengikuti pembelajaran. Guru dapat memberikan reviu terhadap hasil pembelajaran berbasis proyek sebelumnya untuk menjelaskan mana hal-hal yang sudah pas dan mana hal-hal yang belum pas, dan apa harapan guru sebenarnya tentang itu.

    Perencanaan yang Matang

    Sebuah kelas yang melaksanakan model pembelajaran berbasis proyek harus direncanakan dengan matang, baik kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan oleh guru dan siswa maupun perencanaan mengenai sumber-sumber yang akan disediakan untuk siswa memperoleh informasi. Guru terlebih dahulu harus benar-benar memeriksa sumber-sumber informasi yang mungkin akan digunakan oleh siswa untuk menyelesaikan proyek mereka. Hal ini diperlukan agar guru bisa memperkirakan kemana arah proses pembelajaran berbasis proyeknya mengarah. Jika mempunyai kemungkinan untuk melenceng dari tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan, maka guru telah mempunyai rencana lain atau cara-cara tertentu agar pembelajaran kembali ke jalur yang diinginkan.

    Teruskan Membaca »
  • 0 komentar:

    Posting Komentar