• Inilah 3 Kerajinan Tangan Khas Daerah di Indonesia yang Mendunia

    Indonesia memiliki banyak kekayaan baik alam maupun budayanya. Dan salah satu kekayaan alam dan budaya yang dimiliki Indonesia adalah Kerajinan Tangannnya yang unik dan kreatif. Kerajinan tangan asal Indonesia ini memiliki keunikannya sendiri karena kerajinan tangan indonesia berbasis pada kultur atau budaya daerah asal kerajinan tersebut.  

    Berdasarkan data yang didapatkan dari media sosial asli indonesia yaitu Kaskus bulan september tahun lalu, berikut kerajinan tangan khas daerah yang berasal dari Indonesia yang mendunia.

    Pertama, Kerajinan Tangan Berupa Wayang


    Kerajinan Wayang Golek, Kerajinan Wayang Kulit

    Wayang baik wayang kulit atau wayang golek, ternyata diminati oleh orang-orang di luar negeri atau manca negara. Wayang yang kental dengan budaya Jawa ini terkadang juga digunakan sebagai dekorasi di ruangan rumah atau pajangan karena bentuknya yang unik dan artistik. Bahkan, pagelaran wayang yang masih sering diadakan terlebih saat acara pernikahan adat Jawa ini sudah diakui oleh Perserikatan Bangsa-bangsa  UNESCO.


    Kedua, Kerajinan Kain Batik


    Kerajinan Kain Batik, Kerajinan Tangan Batik, Batik Indonesia

    Keberadaan kain batik sudai diakui oleh mata dunia dan ini sudah tidak bisa dipungkiri lagi. Kerajinan karya tangan kreatif anak bangsa ini mampu memikat hati masyarakat dunia atau manca negara. Motifnya yang unik dan khas mencerminkan budaya lokal asal batik itu dibuat. Dengan sentuhan tangan kreatif, selembar kain menjadi sangat menawan dan bernilai ekonomi. Sudah banyak artis-artis atau selebritis dunia yang penuh percaya diri dan bangga tampil menggunakan produk Indonesia yang satu ini. Bagaimana dengan Anda? Anda harusnya lebih bangga dari mereka.. karena Batik adalah milik anda bangsa Indonesia.

    Ketiga, Kerajinan Ukiran Kayu

    Ukiran Kayu Unik, Ukiran Kayu Mendunia, Ukiran Kayu Indonesia

    Indonesia yang akan hutan, sudah tentu mempunyai banyak kayu yang bisa diolah. Dan perlu anda ketahui, kualitas kayu di Indonesia memiliki kualitas unggul karena tumbuh di negara tropis. Dengan kelebihan tersebut, masyarakat indonesia memanfaatkan kayu-kayu tersebut salh satunya sebagai kerajinan ukir yang unik dan banyak disukai masyarakat dunia. Kerajinan tangan karya anak Indonesia sangat populer di negara luar Indonesia. Salah satu kota di Indonesia yang terkenal dengan ukiran kayunya adalah Jepara. Terbukti hasil ukiran berupa kaligrafi, patung, dan relief dari kota ini berhasil go internasional sampai ke Eropa.


    Ini bonus info untuk Anda ya.. Kerajinan Anyaman Bambu


    Anyaman Bambu Dinding, Anyaman Bambu Plafond, Anyaman Bambu Unik

    Selain 3 kerajinan tangan yang disebutkan diatas, ada satu lagi kerajinan tangan asli Indonesia yang mendunia, yaitu kerajinan Anyaman Bambu. Bambu merupakan salah satu kekayaan alam yang dimiliki Indonesia. Kekayaan alam ini diubah menjadi kerajinan tangan yang unik dan bernilai ekonomis. Proses pembuatan anyaman bambu ini dilakukan secara manual dan tradisional, pada umumnya asli menggunakan tangan. Walaupun demikian, tetap saja hasil akhir dari anyaman bambu ini mampu mencuri perhatian banyak orang termasuk para wisatawan luar negeri. Biasanya anyaman bambu ini digunakan sebagai aksesories, dekorasi, dan juga berguna untuk perabot rumah tangga seperti meja, kursi, tempat tidur, tempat makanan, dan masih banyak lagi kerajinan unik lainnya yang bisa dibuat dari bambu ini.

    Ayo.. Kerajinan Tangan Indonesia Apa lagi yang Mendunia?





    Yang jelas masih banyak Kerajinan Tangan Khas Daerah di Indonesia yang Mendunia, tidak hanya 3 ataupun 4.. melainkan BANYAAKK!! . Gak percaya? coba anda cari-cari lagi infonya ya.. atau anda juga bisa baca " Kerajinan Tangan Unik lainnya dari Bahan Limbah dan Barang Bekas ". Semoga tulisan ini bisa menjadi motivasi untuk Anda sebagai Bangsa Indonesia agar selalu bangga dan berkarya membawa kerajinan tangan Indonesia go Internasional atau mendunia.
  • 0 komentar:

    Posting Komentar