• Obat Susah Buang Air Besar atau Konstipasi dengan cara alami

    Konstipasi atau biasa lebih dikenal dengan istilah sembelit adalah sebuah kondisi gangguan kesehatan dimana si penderita mengalami kesulitan buang air besar secara teratur atau bahkan sama sekali tidak bisa buang air besar dalam waktu berhari-hari.

    Konstipasi atau sembelit terjadi dikarenakan proses pencernaan makanan yang terjadi dalam saluran pencernaan tidak berfungsi dengan sempurna sehingga menyebabkan pergerakan feses berjalan sangat lamban pada saluran pencernaan, hal tersebut bisa dikarenakan sisa-sisa makanan yang tidak tercerna dengan sempurna dan tertinggal terlalu lama dimana hal tersebut mengakibatkan usus besar akan  menyerap air terlalu banyak dan membuat feses menjadi keras.

    Gejala yang sobat rasakan jika menderita sembelit atau konstipasi adalah kondisi susah buang air besar dalam waktu berhari-hari yang seharusnya normalnya buang air besar orang dewasa adalah minimal 1 hingga 2 hari sekali, selain itu jika bisa buang air besar proses pengeluaran feses/tinja akan sangat sulit atau dibutuhkan perjuangan yang cukup besar dikarenakan kondisi feses atau tinja keras.

    mengatasi konstipasi atau sembelit dengan obat susah buang air besar alami

    Penyebab Susah Buang Air Besar atau Sembelit

    Penyebab sembelit bisa terjadi dikarenakan berbagai macam hal, selain dikarenakan terjadi gangguan fungsi pada usus besar kita bisa juga susah BAB yang terjadi dikarenakan pola hidup yang tidak tepat, dan berikut ini adalah beberapa hal yang dapat menyebabkan kita mengalami sembelit :
    • Pola makan yang kurang tepat seperti kurangnya mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak serat seperti buah dan sayuran.
    • Kekurangan cairan atau kurang minum air putih.
    • Kebiasaan buruk dengan sering menahan hasrat untuk BAB.
    • Jarang berolah-raga atau kurang gerak.
    • Tekanan depresi yang tinggi atau tingkat stress tinggi.
    • Penggunaan obat pencahar yang berlebihan pada kurun waktu tertentu juga dapat menyebabkan kita akan mengalami sembelit, hal tersebut dikarenakan obat-obatan tersebut mengakibatkan lemahnya otot pada usus kita.
    • Penggunaan obat mencret pada saat sedang terserang diare yang berlebihan juga dapat mengakibatkan kita menjadi susah buang air besar.
    • Mengkonsumsi buah yang dapat berfungsi sebagai pengeras feses secara berlebihan seperti buah Jambu Biji dan buah Salak.
    • Terjadi permasalahan gangguan kesehatan pada organ usus.
    Penyebab sembelit atau susah buang air besar pada wanita hamil dikarenakan terjadi perlambatan pada gerakan usus pada saat mencerna makanan sehingga berpotensi besar menyebabkan terjadinya sembelit.
    Hal-hal yang diatas tersebut biasanya yang menjadi pemicu atau penyebab susah buang air besar.

    Meski sembelit bukan penyakit yang sangat berbahaya tapi jika tidak segera diobati atau tidak segera disembuhkan sembelit dapat memicu gangguan kesehatan yang lain seperti wasir dan ambeien, serta buang air berdarah, hal tersebut dapat terjadi dikarenakan kita mengejan atau mengeden terlalu keras saat buang air besar pada saat terkena sembelit.

    Untuk cara mengobati sembelit atau susah buang air besar bisa sobat coba ikuti langkah-langkah berikut ini.

    Cara Mengatasi Susah Buang Air Besar atau Sembelit dengan alami

    Jika sembelit atau konstipasi yang diderita bukan akibat dari terjadi permasalahan gangguan kesehatan pada usus, sobat bisa menggunakan beberapa langkah dibawah ini untuk mengobati sembelit yang sedang sobat derita.
    • Perbanyak mengkonsumsi buah yang mengandung banyak serat seperti contohnya buah Kiwi, buah Ciplukan, buah mangga, buah pepaya, buah pisang dan berbagai macam buah lainnya serta sayuran yang mengandung banyak kandungan serat seperti brokoli, kentang dan lain sebagainya. Selain itu mengkonsumsi aneka olahan puding dan agar-agar secara rutin juga dapat membantu melancarkan sistem saluran pencernaan.
    • Perbanyak minum air putih supaya usus tidak kekurangan cairan, pada saat mengalami sembelit hindari minum teh, karena teh adalah merupakan salah satu obat alami untuk mengatasi diare yang berfungsi mengeraskan feses.
    • Berolah raga juga dapat membantu mengatasi masalah susah buang air besar yang sedang sobat derita, karena dengan berolahraga dapat membantu mempengaruhi kinerja usus besar kita menjadi lebih baik dan lancar dalam mencerna makanan yang masuk.
    • Meminum 1 sendok makan minyak Zaitun murni secara rutin tiap pagi sebelum perut kemasukan makanan juga dapat membantu mengobati sembelit, bisa ditambahkan dengan 1 sendok teh perasan air jeruk lemon untuk meringankan rasa dari minyak zaitun.
    • Minum air jeruk hangat 1 gelas tiap hari juga dapat membantu mengatasi sembelit yang menyerang sobat, peras 1 buah jeruk dan seduh dengan menggunakan air hangat, kandungan asam sitrat dalam sari jeruk dapat berfungsi sebagai stimulant untuk sistem pencernaan kita serta dapat membantu melarutkan dan mengeluarkan racun dengan sisa makanan yang tidak tercerna dan menumpuk pada dinding usus kita.
    • Minum kopi dengan takaran yang tepat dapat membantu proses pada saluran pencernaan kita, kafein yang terdapat pada kopi merupakan sebuah stimulan alami yang sangat bagus untuk sistem saluran pencernaan kita, tapi jangan mengkonsumsi kopi berlebihan 1 hingga 2 gelas per hari cukup, bila mengkonsumsi kopi berlebihan justru dapat menyebabkan kita menderita sembelit karena kopi juga merupakan diuretik alami yang dapat menyebabkan kita buang-buang air kecil secara terus menerus hingga mengakibatkan banyak terbuangnya cairan pada usus besar kita yang seharusnya digunakan untuk melunakkan tinja.
    • Lidah buaya merupakan tanaman yang dapat digunakan untuk meredakan luka ringan dan luka bakar pada kulit kita, selain itu lidah buaya ternyata sangat bagus untuk digunakan sebagai obat alami mengatasi susah buang air besar, gunakan daging lidah buaya sebanyak 2 sendok makan setiap pagi dan jangan lebih dari itu. Bisa langsung di makan dengan ditambah sedikit madu atau bisa juga diolah menjadi ramuan jus terlebih dahulu.
    • Buatlah jadwal rutinitas untuk sobat buang air, dengan mengatur jadwal yang rutin untuk BAB juga dapat membantu sobat mengatasi dan mencegah sembelit.
    • Bunga Dandelion kering yang dijadikan ramuan teh herbal juga merupakan salah satu obat alami untuk mengatasi sembelit, dengan mengkonsumsi secangkir teh dandelion rutin sehari sekali dapat membantu melancarkan dan mengatasi susah BAB yang sedang kita derita.
    • Mengkonsumsi jengkol atau jering juga dapat membantu mengatasi susah buang air besar dikarenakan biji jengkol atau jering kaya akan kandungan serat, saya sendiri pernah membuktikan pada saat saya mengkonsumsi jengkol dan dalam satu hari tersebut atau besoknya saya akan sangat mudah Bab bahkan terkadang hingga 3 kali sampe 4 kali dalam sehari, tapi perlu diingat jangan terlalu banyak makan biji jengkol selain bikin kencing jadi bau juga akan menyebabkan sobat bolak-balik buang air nantinya.
    Untuk mencegah dan mengatasi sembelit selalu penuhi kebutuhan asupan serat yang dibutuhkan oleh tubuh kita setiap hari, hal tersebut bisa sobat lakukan dengan selalu mengkonsumsi buah dan sayuran yang kaya akan serat seperti buah pepaya, buah kiwi dan buah pisang yang merupakan obat susah buang air besar alami yang ampuh untuk mengatasi sembelit. ( Hal-5 )

    Sumber : EveryDayRoots
  • 0 komentar:

    Posting Komentar