• Manfaat Buah Tomat untuk Kesehatan tubuh kita

    Buah tomat selain sangat segar untuk dijadikan sebagai minuman yang disajikan pada saat udara sedang panas, biasanya juga digunakan sebagai salah satu bahan untuk menyedapkan berbagai macam masakan seperti untuk bahan sayur asem selain itu buah tomat juga digunakan untuk menyedapkan rasa pada sambal terasi.

    Tapi tahu kah sobat jika ternyata buah tomat selain digunakan untuk sebagai penyedap rasa masakan buah tomat juga memiliki banyak sekali manfaat yang sangat berguna bagi kesehatan kita, didalam buah tomat terdapat bermacam-macam kandungan yang berguna untuk memelihara dan merawat berbagai macam fungsi organ dalam tubuh kita.

    Dan seperti yang sudah umum kita ketahui sejak dulu bahwa kandungan pada buah tomat selain kaya dengan kadar air yang cukup tinggi juga kaya akan Vitamin C yang tentunya sangat bagus dan sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Tomat selain dikonsumsi ternyata juga dapat dimanfaatkan sebagai masker wajah untuk merawat kecantikan kulit wajah kita.

    manfaat buat tomat

    Manfaat Tomat untuk kesehatan

    Nah untuk mengetahui apa saja manfaat buah tomat bagi kesehatan tubuh dan juga manfaatnya untuk merawat kecantikan kulit dan wajah, silahkan sobat simak informasi mengenai manfaat tomat berikut ini.
    • Membantu mencegah Kanker
    Banyak sekali penelitian yang dilakukan oleh para ahli terhadap buah tomat, kandungan zat lycopene yang merupakan antioksidan alami dengan kadar cukup tinggi dapat memperlambat pertumbuhan sel kanker serta mencegah tubuh kita dari serangan berbagai macam penyakit kanker seperti kanker prostat, kanker perut dan kanker payudara.

    Pada penilitian yang dilakukan ternyata tomat yang sudah dimasak memproduksi lebih banyak kandungan lycopene daripada yang masih mentah.
    • Menyehatkan Ginjal
    Menambahkan buah tomat kedalam salah satu daftar menu makanan sehat bagi yang sedang melakukan diet sangat dianjurkan karena tomat dapat merawat dan menyehatkan fungsi ginjal, dan sudah terbukti pada beberapa pelitian yang dilakukan bahwa jika mengkonsumsi tomat tanpa bijin dapat mengurangi resiko terkena batu ginjal.
    • Membantu mengontrol tekanan darah tinggi
    Kandungan potasium dan Vitamin B pada tomat efektif dalam membantu tubuh menurunkan kadar kolesterol dalam darah, dengan mengkonsumsi tomat secara rutin dapat membantu mengontrol tekanan darah tinggi.
    • Merawat kesehatan Jantung
    Kandungan kalium pada buah tomat dapat membantu mengontrol dan merawat denyut jantung dalam memompa darah secara stabil, manfaat tomat lainnya dapat menjaga tubuh kita supaya terhindar dari serangan penyakit jantung dan stroke.
    • Menyehatkan Mata
    Kandungan Vitamin A yang cukup tinggi dapat menjaga dan mempertajam fungsi penglihatan pada mata, dengan mengkonsumsi tomat secara rutin dapat mencegah berkurangnya fungsi penglihatan seperti mata minus dan pandangan kabur saat malam hari.
    • Menjaga kekuatan tulang dan gigi
    Buah tomat mengandung banyak kalsium dan Vitamin K yang sangat bagus untuk menguatkan tulang dan gigi supaya tidak mudah keropos serta memperbaiki jaringan pada tulang pada tubuh kita.
    • Mengontrol Gula darah
    Mengkonsumsi tomat secara rutin tiap hari dapat membantu mengontrol kadar kandungan gula darah pada tubuh, buah tomat merupakan sumber kromium alami yang diperlukan oleh tubuh dalam mengontrol gula darah supaya tidak terlalu tinggi, sangat bagus dikonsumsi untuk para penderita diabetes.
    • Mengurangi kerusakan pada tubuh akibat merokok
    Kandungan asam Coumaric dan asam chlorogenic pada tomat dapat mengurangi kerusakan yang timbul akibat dari merokok, kedua jenis asam tersebut melindungi tubuh dari karsinogen yang dihasilkan oleh asap rokok.
    • Sebagai antioksidan / menangkal radikal bebas
    Kandungan vitamin A dan vitamin C yang cukup tinggi serta zat beta-karoten berfungsi sebagai antioksidan untuk menetralisir radikal bebas yang berbahaya dalam saluran darah kita. Radikal bebas yang terdapat dalam saluran darah cukup berbahaya karena dapat menyebabkan kerusakan pada sel-sel darah kita.
    Dan ingat semakin merah warna buah tomat semakin tinggi pula kandungan beta-karotennya, dan jika tomat dimasak terlebih dahulu dapat menyebabkan kandungan vitamin C nya berkurang, sebaiknya tomat di makan mentah.
    • Mengatasi nyeri punggung
    Disamping dengan menggunakan pengobatan mengkonsumsi tomat secara teratur juga dapat membantu mengobati nyeri pungung yang sedang sobat derita, kandungan karotenoid dan bioflavonoid berfungsi sebagai anti radang dan dapat membantu proses penyembuhan nyeri punggung.
    • Merawat kesehatan kulit
    Dalam buah tomat mengandung lycopene dalam jumlah yang cukup tinggi, lycopene merupakan zat yang biasanya digunakan sebagai bahan dalam obat pembersih wajah yang dijual di toko-toko.
    Kulit buah tomat bisa sobat gunakan sebagai pembersih wajah dan juga dapat digunakan untuk merawat kulit wajah, gunakan 3 sampai 5 buah tomat kemudian iris kulit tipis-tpis, tempelkan kulit buah tomat tersebut dengan bagian dalam menempel pada kulit dan letakkan merata pada seluruh area wajah sobat, diamkan kurang lebih 10 hingga 15 menit kemudian bersihkan dengan air, rasakan kesegarannya.
    • Merawat keindahan rambut
    Kandungan vitamin A yang cukup tinggi pada buah tomat sangat bagus untuk kesehatan rambut supaya tetap hitam mengkilat, kuat dan rambut tidak mudah rontok.
    • Menyegarkan mata
    Terlalu lama menatap layar komputer dapat menyebabkan mata kita jadi lelah, dengan menempelkan 2 iris buah tomat pada mata dan diamkan untuk beberapa saat dapat membantu mengatasi mata lelah yang kita alami.

    Selain sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita manfaat buah tomat lainnya adalah sangat bagus untuk digunakan merawat kecantikan, merawat kulit dan juga merawat kesehatan rambut kita. Dan penggunaan buah tomat untuk merawat kulit dan kecantikan wajah biasanya dibuat menjadi masker untuk wajah. Semoga bermanfaat.

    sumber referensi : Florida Tomatoes
  • 0 komentar:

    Posting Komentar