• Penyalahgunaan Narkoba dan Faktor Lingkungan Remaja

    Bapak dan Ibu Guru, sekarang ini kita harus awas terhadap bahaya yang mengancam siswa kita: penyalahgunaan narkoba. Sebagai pendidik, guru harus dapat mengenali dan mencegah kemungkinan siswa-siswa menjadi terjerumus pada penyalahgunaan narkoba. Memang, lingkungan di sekitar siswa tinggal, terutama yang sedang dan akan menginjak remaja sangat berpengaruh pada perilaku mereka. Dan bukan tidak mungkin akan membawa mereka kepada pergaulan yang tidak sehat, semisal melakukan penyalahgunaan narkotika, psikotropika dan obat-obat terlarang lainnya.

    Sebenarnya, terjadinya penyalahgunaan narkotika pada remaja usia sekolah sangat berhubungan erat dengan permasalahan teman sebaya, hubungan dengan orang tua, hingga para faktor dari dalam diri siswa itu sendiri. Dalam kehidupan seorang siswa yang menginjak remaja, pergaulan dengan teman sebaya sangatlah penting bagi mereka. Bahkan, secara psikologis, teman sebaya seringkali menggantikan peran keluarga dalam kaitan kebutuhan untuk bersosialisasi dan mengisi aktivitas di waktu senggang mereka.

    mengapa penyalahgunaan narkoba terjadi pada siswa? ada banyak faktor penyebabnya, dan guru harus awas terhadap ini sehingga dapat membantu siswa agar tidak terjerumus ke dalamya
    kenali tanda-tanda jika siswa terlibat narkoba

    Berikut ini beberapa kenyataan dan faktor yang seringkali membawa siswa yang sedang beranjak remaja atau berada pada usia remaja ke dalam arus penyalahgunaan narkoba:

    Emosi Masa Remaja

    Pada saat remaja, terjadi pengenduran hubungan antara orang tua dengan anak-anak mereka yang mulai menginjak remaja. Anak-anak yang sedang tumbuh ini merasa mulai ada jarak antara mereka dengan orang tua. Hal ini dapat terjadi ketika adanya peningkatan konflik antara orang tua dengan anak-anak mereka, dan banyaknya waktu yang dihabiskan mereka bersama teman sebaya. Oleh karena itu penting bagi orang tua untuk tetap menyediakan waktu yang cukup untuk anak-anak mereka yang sedang menuju masa remaja, ataupun tengah berada dalam masa remaja.

    Teruskan Membaca »
  • 0 komentar:

    Posting Komentar