• Menghindarkan Siswa dari Narkoba

    Beragam cara dapat dilakukan guru untuk membantu menghindarkan siswa-siswa yang beranjak remaja atau tengah dalam masa remaja, agar terhindar dari penyalahgunaan narkoba. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

    beragam cara dapat dilakukan oleh guru untuk menghindarkan siswa dari penyalahgunaan narkoba. guru perlu awas dan membantu mereka agar menjadi pribadi yang sehat fisik dan mental
    penyalahgunaan narkoba pada siswa dan remaja

    Ciptakan Hubungan yang Akrab

    Guru, sebagai orang tua dan teladan di sekolah harus membangun hubungan yang baik dan akrab dengan siswa-siswanya. Hal ini sangat penting. Tidak cuma untuk kepentingan pembelajaran di kelas tetapi juga untuk hal-hal lain seperti membantu siswa ketika mengalami permasalahan seperti kemungkinan akan terbawa ke dalam penyalahgunaan narkoba. Pendekatan melalui hubungan yang akrab oleh guru akan membantunya mengajak siswa agar terhidar dari jerat narkoba. Komunikasi yang baik oleh guru akan mampu menyelidiki apa yang diperlukan oleh anak, sehingga bantuan dengan cepat dapat diberikan kepada mereka yang beresiko terlibat atau terjerumus.

    Berikan Apresiasi atas Prestasi Siswa

    Tidak semua siswa berprestasi, itu benar jika kita membandingkan antara satu siswa dengan siswa lain. Tetapi, bukan itu yang dimaksud di sini. Ketika seorang siswa dapat mengerjakan tugas atau melakukan sesuatu atau telah belajar dengan sungguh-sungguh dan baik sesuai dengan potensinya, itu juga dapat dikatakan sebagai berprestasi. Berusahalah untuk selalu menemukan sisi-sisi positif dari seorang siswa. Bakat dan kemampuan yang berbeda-beda dari setiap anak mengharuskan guru menjadi pandai mengenali kelebihan dan potensi-potensi yang dimiliki setiap anak. Berikan apresiasi atas apa yang telah dapat mereka lakukan. Hal ini akan membantu mereka yang beresiko tinggi untuk terlibat penyalahgunaan narkoba menjadi lebih merasa dihargai, mendapatkan kehangatan dan perhatian yang mungkin sulit mereka dapat di rumah yang keadaannya tidak begitu menguntungkan.

    Teruskan Membaca »
  • 0 komentar:

    Posting Komentar