• Pertanyaan adalah Pintu Informasi tentang Siswa Anda

    Bapak dan Ibu guru yang sedang mengajar mestilah sering berkomunikasi dengan siswanya. Guru tidak boleh selalu mendominasi pembelajaran dengan berbicara, apalagi sepanjang waktu pembelajaran berlangsung. Bangun komunikasi dengan siswa melalui pertanyaan. Itu cara termudah untuk melakukannya. Tetapi, sesungguhnya ini relatif. Pertanyaan macam apa yang guru harus lontarkan? Apa tujuan pertanyaan tersebut diberikan?

    Tahukah Bapak dan Ibu Guru, bahwa pertanyaan dapat digunakan untuk menggali banyak informasi dari siswa. Informasi ini sifatnya beragam, tetapi salah satunya adalah bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran mereka.

    Biasakan bertanya. Pertanyaan adalah pintu informasi bagaimana pembelajaran berlangsung pada siswa anda. Buatlah rancangan pertanyaan yang bagus untuk digunakan dalam pembelajaran.
    pertanyaan guru adalah pintu informasi pembelajaran siswa

    Beberapa pertanyaan untuk menggali informasi seperti ini contohnya:
    • Berapa lama kamu bisa menyelesaikan soal hitungan ini?
    • Bagian mana dari langkah-langkah penyelesaian soal hitungan ini yang paling sulit?
    • Apa kira-kira cara yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan kemampuanmu dalam menjawab soal hitungan ini?
    Pertanyaan-pertanyaan seperti contoh di atas sangat perlu diberikan kepada siswa sambil berkomunikasi dengan mereka. Guru dapat mendekati mereka secara bergantian, berputar dari satu siswa ke siswa lain. Datangilah siswa yang terlihat bingung, kesulitan terlebih dahulu. Buat mereka merasa mampu dan percaya diri untuk meningkatkan kemampuannya.
    Teruskan Membaca »
  • 0 komentar:

    Posting Komentar