• Countable and Uncountable Noun

    Halaman ini merupakan lanjutan dari bahasan mengenai anggota part of speech terdahulu yaitu: Kata Benda (Noun: memahami fungsi, jenis, kedudukan dan posisi kata benda dalam Kalimat Bahasa Inggris). Kata benda (Noun) mengenal istilah "Countable Noun dan Uncountable Noun" - dimana kata benda tersebut ada yang namanya kata benda dapat-dihitung dan kata benda tidak-dapat-dihitung.
    Apa maksudnya?

    Berbicara mengenai: apakah kata benda tertentu itu dapat dihitung (countable) atau tidak dapat dihitung (uncountable) berarti berbicara masalah plural noun (Kata benda jamak/banyak). Istilah "dapat-dihitung" atau "tidak-dapat dihitung" berarti berkenaan dengan jumlah dari sesuatu (benda) - misalnya; 2, 40, atau banyak dan banyak sekali. Semakin susah kemungkinan kita untuk menghitungnya berarti benda itu "susah" (baca: tidak-dapat) dihitung. Hitungan ini bahkan mencakup butiran, partikel terkecil, dsb.

    Studi Kasus:
    Countable Noun/Uncountable Noun


    Saya mempunyai banyak boneka.
    (I have many dolls).

    dan,

    Saya mempunyai banyak makanan.
    (I have a lot of food)

    Kedua kalimat diatas menggambarkan bagaimana bentuk dan pola kata benda ketika digunakan dalam wujud kalimat bahasa inggris. Fokus kita mengarah pada prase: /many dolls/, dan /a lot of food/.

    Bila diperhatikan, kita akan mengetahui bahwa kata /doll/ atau /dolls/ dapatlah kita hitung jumlahnya. Sedangkan kata /makanan/ tidak terbilang jumlahnya alias susah untuk dihitung. Hitungan ini meliputi banyak jenis benda (baik tumbuh-tumbuhan atau hewan) di dunia ini dan bisa menjadi /makanan/ atau /food/.

    Contoh kata benda dapat dihitung:
    pena, pensil, tas, bola, lemari, rumah, dsb

    Contoh kata benda tak dapat dihitung lainnya;
    coklat (chocolate), air (water), roti (bread), informasi (information), nasehat (advice), besi (iron), beras/nasi (rice), rambut (hair), dsb.

    Akan berbeda bila kita mengatakan "bagian/jenis" dari kata /makanan/ secara rinci, semisal:

    I have two bars of chocolate.
    (Saya memiliki dua batang coklat)

    Pada contoh tersebut, ketika kita ingin mengungkapkan jumlahnya maka kita dapat menggunakan determiner dari kata benda itu (Determiner of Nouns), misalnya: a lot of, some, several, many, much, two bars of, a slice of, dsb.


    Memahami Jenis-jenis Uncountable Noun
    (Kata Benda Tak-dapat-dihitung)

    Bila melihat contoh-contoh yang ada seputar kata benda, maka kata benda tidak dapat dihitung (uncountable noun) - seperti yang dijelaskan oleh British Council - mencakup:



    • Hal-hal substansial: food(makanan), water(air), wine(anggur), salt(garam), bread(roti) *), iron(besi)

    • Kualitas/perasaan manusia: anger(murka/amarah) cruelty(kekejaman), happiness(kebahagiaan), honesty(kejujuran), pride(kebanggaan)

    • Kegiatan-kegiatan: help(bantuan), sleep(tidur), travel(perjalanan), work(karya)

    • Ide-ide abstrak: beauty(kecantikan), death(kematian), fun(kesenangan), life(kehidupan)



    Catatan:
    /bread/ dengan /cake/. Kata /cake/ adalah kata benda dapat dihitung (countable noun).
    Contoh: I have two cakes (saya mempunyai 2 butir/buah kue).


    Dengan memahami beberapa kriteria bentuk uncountable noun diatas, berarti, selain ke-empat hal tersebut tercantum sebagai countable noun.

    Determiner of Uncountable Noun

    Uncountable noun dapat dikenali melalui determiner-nya. Determiner berikut ini digunakan untuk kata benda yang termasuk kata benda tak-dapat-dihitung, yakni:


    little , a little
    much, more, most
    a lot of, lots of
    plenty of, slice of, piece of
    an amount of

    a great deal of
    enough

    no, none


    Some/any tidak hanya digunakan di Uncountable noun tapi juga Countable noun.
    Contoh:

    I need some salt.
    (Saya membutuhkan garam secukupnya).
    I need some books.
    (Saya membutuhkan beberapa/banyak buku)

    Kata /salt/ termasuk uncountable noun dan dapat ditambah determinernya berupa: /some/ demikian pula pada kata /books/ yang merupakan countable noun. Intinya, kata /some/ atau /any/ sama-sama bisa digunakan pada countable atau uncountable noun.
    Catatan: kata /any/ dan /some/ itu sama saja, bedanya: /some/ khusus digunakan dalam kalimat positive dan /any/ digunakan dalam kalimat negative dan interrogative.
    Contoh:

    I have some apples.
    I don't have any apples.
    Do you have any apples?
  • 0 komentar:

    Posting Komentar