• Perbedaan tepung terigu protein tinggi, sedang dan rendah

    Bagi sobat yang suka membuat aneka jajanan pasti sudah tidak asing dengan tepung terigu yang merupakan salah satu bahan utama dalam pembuatan aneka jajanan dan Kue, nah mungkin saja nanti pada saat sobat hendak mencoba membuat kue atau jajanan pada resep kue atau jajanan tersebut menggunakan tepung terigu protein tinggi, protein sedang dan rendah.

    Bagi sobat yang merasa asing mengenai tepung terigu tersebut tidak perlu khawatir karena pada artikel kali ini kita akan mengulas informasi mengenai apa itu tepung terigu protein rendah, sedang dan tepung terigu protein tinggi, kegunaan dan perbedaan dari ketiga jenis tepung terigu tersebut.
    Perbedaan tepung terigu protein tinggi, sedang dan rendah
    tepung terigu protein tinggi, sedang dan rendah. sumber : Bogasari.com

    Apa itu tepung terigu protein tinggi, rendah dan sedang

    • Tepung terigu protein rendah ( soft flour )
    Tepung terigu dengan kandungan protein 10,5% - 11,5%, tepung terigu tersebut biasanya digunakan sebagai bahan untuk membuat aneka macam kue dengan tekstur yang lembut dan renyah seperti untuk membuat biscuit atau cookies dan sponge cake.

    Beberapa contoh merk jenis tepung terigu protein rendah : Kunci Mas, Lencana Merah, Kunci Biru dan lain sebagainya.
    • Tepung terigu protein sedang ( Medium Flour )
    Jenis tepung terigu dengan kandungan protein sebesar 13%, tepung terigu protein rendah biasanya digunakan untuk pembuatan berbagai macam jenis makanan seperti contohnya gorengan, donat kentang, dadar gulung dan untuk membuat pancake, jenis tepung ini jika di dalam buku resep masakan sering disebut dengan tepung terigu all purpose.

    Beberapa contoh merk tepung terigu protein rendah yang sering sobat temui di pasaran adalah tepung terigu merk Segitiga Biru, gunung bromo dan lain sebagainya.
    • Tepung terigu protein tinggi ( Hard Flour )
    Jenis tepung terigu ini mengandung protein sebesar 14%, tepung terigu dengan protein tinggi tersebut biasanya digunakan untuk bahan membuat aneka jenis roti dan pembuatan Mi.

    Merk tepung terigu protein tinggi contohnya adalah tepung terigu merk Cakra Kembar, Kereta Kencana dan lain sebagainya.

    Nah sekarang sudah tahu kan perbedaan dari tepung terigu protein rendah, sedang dan tepung terigu protein tinggi, yang perlu sobat perhatikan saat akan membuat sebuah olahan kue atau aneka jajanan adalah jenis tepung terigu yang digunakan, karena jika penggunaan tepung terigu tersebut tidak sesuai dengan jenisnya maka hasil akhir dari olahan tersebut akan menghasilkan rasa dan tekstur yang berbeda serta tidak sesuai dengan yang terdapat dalam resep, semoga bermanfaat. ( ragam-kerajinan )
  • 0 komentar:

    Posting Komentar