• Orientation, complication, dan resolution



    Orientation, complication, dan resolution

    Ya, dari judulnya kita tahu kalau kita akan membahas tentang teks narrative. Orientation, complication, dan resolution adalah struktur teks narrative yang perlu diketahui. Namun bagi kamu yang belum tahu atau butuh pemahaman lebih tentang teks narrative khususnya tentang Orientation, complication, dan resolution, yuk kita simak penjelasannya berikut ......

    1.   Orientation
    Dalam teks narrative ada yang namanya orientation. Apa itu ? orientation adalah pengenalan tokoh, tempat, dan juga waktu. Dalam bagian ini tokohnya, tempat dan waktunya disebutkan sebelum jauh menuju cerita berikutnya. Orientation ini ada di paragraf pertama dalam teks narrative.
    Contohnya dalam teks narrative yang berjudul the Lamb and the Wolf.

            One day the wolf was shaking his thirst at a stream when he chanced to see a lamb, also drinking, at some distance down the stream
    Outraged, he growled,

    Ini adalah paragraf pertama dalam teks narrative berjudul the Lamb and the Wolf. Dalam paragraf ini disebutkan waktu, tokoh dan tempatnya. Waktunya adalah one day, tokohnya adalah lamb, dan tempatnya yaitu stream.
    2.   Complication
    Complication adalah dimana munculnya peristiwa-peristiwa atau permasalahan untuk si tokoh. Dan permasalahan tersebut memuncak menjadi klimak cerita. Dalam the Lamb and the Wolf dapat dilihat complicationnya berikut ini.

    “you are muddying my drinking water, now I shall eat you.”
            The lamb protested, “but, sir, how can I be muddying your drinking water ? I am farther down stream than you are. The water is flowing from your part of the stream to where I am.”

    Pada bagian ini dinamakan complication. Disini terjadi sebuah complikasi atau permasalahan antara si lamb dan the wolf.

    3.   Resolution
    Resolution adalah peristiwa yang mengahiri cerita atau ada solusi dari permasalahan-permasalahan yang ada pada tokoh. Disini cerita berakhir bisa dengan bahagia, sedih, atau sesuai dengan pandangan pembaca.
    Resolution ini dapat dilihat dalam the Lamb and the Wolf sebagai berikut.

            “Upstream or downstream, your drinking is muddying my water, and I shall eat you.” After saying, the wolf leaped upon the lamb and devoured him.

    Bagian ini disebut resolution, disini cerita berahir sudah dimulai sejak pengenalan tokoh hingga resolution.
    Oke, demikianlah artikel saya tentang Orientation, complication, dan resolution untuk sobat semuanya semoga bermanfaat. Tetaplah di tresno english ya ...... thank you and see you .....



  • 0 komentar:

    Posting Komentar