• Cara Membuat Tempat Sampah Dari Botol Bekas

    Cara Membuat Tempat Sampah Dari Botol Bekas - Ragam Kerajinan Tangan. Buat kamu yang punya banyak botol plastik di rumah sudah saatnya di manfaatkan menjadi suatu hal yang berguna. Dengan memanfaatkan Botol Plastik bahkan tutup botolnya kita bisa membuatnya menjadi wadah tempat sampah loh, jadi di rumah akan lebih rapih tidak ada lagi terlihat kumpulan kantong plastik yang berisi sampah di sudut rumah.

    Dalam membuat sebuah tempat sampah kita bisa memanfaatkan berbagai botol bekas bahkan juga tutupnya. Botol yang umum di gunakan biasanya botol bekas air mineral walaupun ada juga yang coba membuatnya dari botol bekas minuman yogurt.

    Seperti apa sih tempat sampah yang di buat dari botol aqua dan cara membuatnya, simak lengkapnya di bawah ini ya :

    Cara Membuat Tempat Sampah Dari Botol Bekas

    1. Tempat Sampah Botol Plastik

    Siapkan beberapa botol plastik yang akan di gunakan banyak sedikitnya botol yang di gunakan akan menentukan besar kecilnya ukuran tempat sampah yang akan di buat. setelah semua botol terkumpul ada baiknya di cuci dan di bersihkan dahulu sebelum masuk dalam proses pembuatan dan setelah di cuci jangan lupa di keringkan ya bisa dengan cara di jemur dan di tiriskan air yang masuk dalam botol.

    Setelah botol bersih dan kering lanjutkan ke proses menyatukan botol-botol plastiknya. Untuk proses menyatukan botol bisa dengan cara di lem dengan lem tembak bisa juga  di eratkan dengan kawat seperti pada gambar di bawah ini : 


    Proses pencucian Botol Plasti
    di keringkan setelah di cuci

    Proses penyatuan dengan rangka menggunakan besi


    Hasil Akhir setelah di satukan

    Cara ini cukup keren dengan memanfaatkan sampah untuk membuang sampah jadi kita juga membantu go green. beberapa contoh tempat sampah botol plastik bisa anda lihat di bawah ini yang mungkin bisa di gunakan sebagai referensi jika ingin mencoba membuatnya :






    Cara Membuat Tempat Sampah Dari Tutup Botol

    2. Tempat Sampah Dari Tutup Botol

    Alat dan Bahan yang harus di siapkan :

    1. Tutup botol
    2. Kabel Ties
    3. Gunting
    4. Paku
    5. Lem Tembak
    6. Alas dari Kayu

    Proses dan langkah pembuatan

    Setelah alat dan bahan sudah siap, yuk kita lanjut ke proses pembuatanya jumlah tutup botol di sesuaikan dengan ukuran tempat sampah yang akan di buat semakin banyak maka tempat sampahnya bisa menjadi lebih besar,  lubangi tutup botol yang sudah di siapkan, gunakan paku beton untuk membantu membuat lubangnya jika dirasa sulit bisa juga kamu panaskan dulu paku betonnya dengan bantuan lilin tapi awas hati-hati paku beton akan menjadi panas karena besi merupakan penghantar panas yang baik...pastikan juga antara titik lubangnya lurus agar hasilnya labih bagus nantinya.

    Melubangi Tutup Botol
    Merangkai Tutup Botol Dengan Kabel Ties




    Jika sudah selesai proses melubangi tutup botol langkah selanjutya adalah merangkai tutup botol tadi dengan menggunakan kabel ties. Sambungkan sampai ukuran yang di inginkan sampai di rasa cukup dan bentuklah menjadi lingkaran, seperti pada gambar

    Hasil yang sudah di rangkai

    Jangan lupa memotong sisa kabel ties agar rapih ya

    Rapihkan sisa kabel ties yang sudah di rakit


    Langkah selanjutnya jika proses merangkai tutup botol menjadi lingkaran selesai adalah merakit tutup botol bentuk lingkarang menjadi satu juga dengan bantuan kabel ties tadi, rakitlah ke atas sesuaikan tinggi tempat sampah yang di inginkan.

    Susun tutup botol ke atas

    Gunakan kabel ties untuk merakit antara rangkaian tutup botol


    Proses terakhir setelah merakit tutup botol dan sudah menjadi seperti tempat sampah, adalah memberikan lem pada tutup botol yang nantinya akan di rekatkan pada kayu yang sudah di buat dan di bentuk menjadi linkaran. Selesai deh tempat sampah unik dari tutup botol air mineral.


    Gunakan lem tembah untuk merekatkan pada kayu


    Bagaimana anda tertarik mencoba membuatnya, silahkan di coba ya mau pilih menggunakan botol plastik atau bisa juga menggunakan tutupnya saja, pilihlah yang di rasa paling mudah membuatnya. Selamat mencoba ya.


    referensi gambar : kaskus.co.id
  • 0 komentar:

    Posting Komentar