• Cara Membuat Wayang Daun Singkong

    Mainan Tradisional Wayang dari Daun Singkong 

    Tau wayang kan? Kalau kamu anak Indonesia asli, kamu pasti tahu tentang wayang. Kesenian tradisional ini tetap lestari hingga saat ini. Bahkan profesi penyanyi (sinden) dan orang yang memainkan wayang (dalang) juga tetap hidup sampai saat ini. Nah, di desa utamanya di Pulau Jawa, anak-anak juga dapat memainkan wayang saat mereka berada di sawah atau ladang. Atau bahkan di pekarangan, apabila di tempat tersebut ditanami ubi kayu atau singkong. Mereka biasa membuat mainan tradisional berupa wayang dari daun singkong. Cara membuatnya sangat mudah. Dengan bahan cuma daun dan tangkai daun singkong jadilah wayang yang sederhana. Seperti contohnya pada gambar di bawah ini. Unik bukan? Mau mencoba membuatnya juga untuk memainkan karakter atau tokoh favoritmu seperti Rama atau Arjuna? Pasti bisa.

    langkah-langkah cara membuat mainan tradisional anak berupa wayang dari daun singkong 1
    cara membuat mainan tradisional wayang dai daun singkong

    Cara Membuat Mainan Tradisional Wayang dari Daun Singkong

    Sudah siap membuat wayang dari daun singkong atau ubi kayu? Ayo kita mulai. Perhatikan penjelasan dan foto-foto yang diberikan ya...
    •  Petiklah beberapa helai daun singkong yang tangkainya agak panjang dan sudah cukup tua. Saya sendiri karena tidak punya kebun singkong, hanya menggunakan sisa daun singkong dari bekas membuat lalapan yang diperoleh dari tukang sayur keliling. Punya saya agak kecil dan pendek tangkainya, mungkin karena musim kemarau yang sekarang sedang berlangsung.
    • Jika sudah dipetik, jemur beberapa saat di bawah terik matahari agar menjadi layu. Kita perlu melakukannya agar tangkai daun singkong tidak mudah patah nantinya waktu dilipat-lipat (dianyam). Lihat Gambar 1.
    • Sekarang perhatikan Gambar 2. Ambil setangkai daun singkong yang paling panjang yang kamu dapat. Lipat seperti ditunjukkan Gambar 2 tersebut. Ini akan menjadi basis seluruh bagian tubuh wayang.
    Teruskan Membaca »
  • 0 komentar:

    Posting Komentar