• Prakarya Cara Mengukir Sabun Bentuk Ikan

    Mengukir Sabun Batangan

    Kali ini kita akan mencoba membuat benda 3 dimensi dengan cara mengukirnya (memahat). Bahan yang akan kita pakai sebagai bahan baku adalah sabun batangan. Lebih tepatnya, pada contoh ini saya menggunakan sebatang sabun mandi.

    Sulitkah mengukir sabun batangan? Jawabannya relatif. Bagi sebagian orang kegiatan ini sangat mudah, sementara pada sebagian orang lainnya sangat sulit. Hal penting agar hasil ukiran sabun menjadi bagus adalah kemampuan berimajinasi si pembuat ukiran sabun. Ia harus mampu membayangkan bentuk akhir 3 dimensi yang sedang diukirnya pada setiap serutan yang dilakukannya pada sabun batangan. Jika kemampuan berimajinasi dan memperspektifkan bentuk yang ingin dibuatnya ke dalam bentuk batang sabun, maka bisa jadi orang itu akan kesulitan membuat ukirannya.


    langkah-langkah cara membuat ukiran dari bahan sabun mandi batangan berbentuk ikan
    ukiran berbentuk ikan dari sabun mandi batangan
    Akan tetapi penggunaan bahan baku ukiran berupa sabun mandi batangan ini paling tidak ada untungnya di samping ruginya. Lho? Iya, sabun batangan begitu lembut dan mudah diserut dengan pisau atau cutter. Sehingga proses mengukirnya tidak memerlukan tenaga yang besar seperti pemahat batu atau kayu. Tetapi kerugiannya adalah sabun mudah patah jika desain yang dibuat terlalu tipis atau kecil. Dan secara umum, kesalahan menyerut (memahat) bisa jadi membuat kegagalan total pada bentuk yang ingin dipahat karena sabun yang sudah diserut tidak bisa lagi disambung.

    Baiklah, sesuai janji saya di atas, saya akan mencoba menjelaskan dan memberikan gambar-gambar per langkah bagaimana membuat sebuah ukiran dari bahan sabun batangan. Bentuk yang akan kita buat adalah bentuk ikan karena bentuk ini sangat akrab dengan kita. Masih ingat, kita mungkin sangat mudah menggambar ikan di atas selembar kertas, dan kita semua punya pengalaman yang banyak tentang bentuk ikan sehingga lebih mudah memperspektifkannya dalam sebatang sabun mandi.

    Siap? Ayo kita mulai tutorialnya.

    Langkah-Langkah Mengukir Sabun Menjadi Seekor Ikan

    • Siapkan terlebih dahulu alat dan bahan yang diperlukan berupa: cutter kecil (lebar 1 cm) yang cukup tajam dan tipis, sebuah pulpen (ballpoint) yang telah habis tintanya, dan sebuah spidol warna hitam.
    Teruskan Membaca »
  • 0 komentar:

    Posting Komentar