• Cara Membuat Kerajinan dari Batok Kelapa

    Kerajinan Tangan dari Batok Kelapa 

    Sebagai salah satu negara yang terletak di daerah garis khatulistiwa (ekuator), maka Indonesia yang memiliki beribu-ribu pulau banyak ditumbuhi oleh kelapa (Cocus nucifera). Tanaman ini dapat diambil batok buahnya (tempurung) untuk dijadikan bahan kerajinan tangan yang berkualitas bagus. Tinggal cara mengolah dan memolesnya saja lagi. Kreativitas kita dituntut untuk menciptakan model-model barang kerajinan yang unik dan berkesan etnik. Tempurung kelapa atau yang juga dikenal sebagai batok kelapa sangat cocok dibuat barang kerajinan karena teksturnya yang keras dan padat sehingga sangat kuat dan awet. Selain itu warnanya yang coklat kehitaman ditambah urat-urat yang terbentuk di permukaan batok kelapa menjadikan motif yang khas setelah diamplas dan dipernis.

    Bagi pemula atau anak-anak, salah satu contoh kerajinan tangan dari batok kelapa yang mudah cara pembuatannya adalah wadah multiguna seperti gambar di bawah. Wadah yang dapat dibuat oleh anak-anak SD sekalipun (kelas tinggi) ini hanya memerlukan alat-alat dan bahan yang sederhana. Hasilnya boleh juga bukan? Wadah ini dapat digunakan sebagai tempat perhiasan, asbak rokok (peringatan: rokok membahayakan kesehatan!), bahkan dapat digunakan untuk tempat menyajikan es krim atau makanan lainnya. Tentu saja jika digunakan untuk tempat makanan, maka pemolesan dengan cat atau pernis tidak dilakukan, dan batok kelapa cukup diamplas sampai licin saja.

    langkah-langkah dan cara membuat kerajinan tangan wadah multigunan dari batok (tempurung) kelapa yang sangat mudah untuk anak-anak
    wadah perhiasan dari batok kelapa, unik dan bernuansa etnik

    Cara Membuat Kerajinan Tangan yang Mudah (Wadah Multiguna) dari Tempurung Kelapa

    Baiklah, seperti biasanya blog ini akan memberikan penjelasan bagaimana cara membuat wadah multiguna seperti gambar di atas. Tentu saja langkah-langkah tidak terlalu sulit walaupun memerlukan waktu pengerjaan beberapa lama. Mari kita simak.
    Teruskan Membaca »
  • 0 komentar:

    Posting Komentar