• Apakah UKS (Usaha Kesehatan Sekolah) itu?

    Apa yang Dimaksud dengan UKS?


    Bapak dan Ibu Guru semua pasti sudah tahu apa itu UKS? UKS adalah singkatan dari Usaha Kesehatan Sekolah. Sebenarnya dari kepanjangan UKS ini kita sudah bisa meraba-raba apa dan bagaimana, serta apa fungsi UKS di sekolah. Tetapi tidak ada salahnya jika di sini dituliskan kembali mengenai UKS atau Usaha Kesehatan Sekolah tersebut.

    Usaha kesehatan sekolah atau UKS adalah suatu usaha yang dilakukan pihak sekolah dan pihak-pihak yang terkait untuk meningkatkan pola hidup sehat serta derajat kesehatan warga sekolah. Jadi sebenarnya UKS tidak hanya untuk siswa semata, tetapi juga melingkupi seluruh warga sekolah, sehingga dengan pola hidup sehat baik saat berada di dalam lingkungan sekolah maupun dalam kehidupan sehari-hari dapat menjaga dan meningkatkan derajat kesehatannya. Pola hidup sehat dan derajat kesehatan yang baik akan membawa sekolah menjadi institusi pendidikan yang baik dan dapat menyelenggarakan fungsinya sebagai wadah pendidikan bagi anak-anak Indonesia untuk menjadi insan cerdas dan sehat.

    apakah UKS (usaha kesehatan sekolah) itu? apakah trias UKS itu? setiap satuan pendidikan dari TK/RA hingga SMA/MA/SMK membentuk UKS untuk mengajarkan perilaku hidup sehat dan meningkatkan derajat kesehatan siswanya
    UKS sangat bermanfaat sebagai penunjang keberhasilan pendidikan di sekolah

    Tujuan Diadakannya UKS di Sekolah-Sekolah

    Kesehatan tentunya menjadi modal penting bagi siswa dan warga sekolah lainnya untuk menyelenggarakan pendidikan yang bermutu. Anak-anak Indonesia diharapkan dapat tumbuh menjadi manusia Indonesia seutuhnya. Sangat penting bagi anak-anak Indonesia agar tumbuh secara optimal dan selaras. Ini adalah tujuan umum dari dilaksanakannya program UKS di sekolah-sekolah.

    Secara khusus program UKS di sekolah-sekolah diharapkan dapat memberikan ilmu pengetahuan, sikap, serta keterampilan sehingga mereka (warga sekolah, utamanya anak-anak), dapat menjalankan prinsip-prinsip hidup sehat. Bahkan mereka juga dapat membantu  untuk terlibat aktif dalam peningkatan kesehatan. Dengan demikian diharapkan sebagai agen bagi lingkungan sekitarnya, para siswa juga dapat menjaga kesehatannya sendiri secara mandiri baik secara fisik, mental, emosi serta sosial. Melalui prinsip-prinsip hidup sehat yang dimilki, siswa akan mampu menangkal segala pengaruh-pengaruh yang datang dari lingkungannya agar selalu terhindar dari penyalahgunaan narkotika, minuman keras, obat-obat terlarang, kebiasaan merokok, dan berbagai hal lain yang tentunya akan berdampak buruk bagi kesehatan mereka pribadi.

    Teruskan Membaca »
  • 0 komentar:

    Posting Komentar