• Cara Mengobati Asam Urat dengan Obat Asam Urat Alami

    Asam urat atau dalam bahasa Inggris Uric Acid adalah sebuah penyakit yang menyerang bagian persendian terutama pada sendi pergelangan kaki, sendi jari kaki, lutut, pergelangan tangan dan sendi jari-jari tangan.

    Rasa sakit yang ditimbulkan oleh asam urat pada persendian biasanya terasa sangat nyeri dan biasanya pada sendi yang terkena asam urat akan terlihat bengkak. Tapi belum tentu rasa sakit atau rasa nyeri pada persendian bisa disimpulkan akibat menderita penyakit asam urat.

    Penyebab Asam Urat

    Seperti yang tertulis pada Wikipedia penyakit asam urat disebabkan oleh karena tubuh kita mengkonsumsi zat Purin yang berlebihan, Purin oleh tubuh di olah menjadi asam urat tapi kalau kadar asam urat pada tubuh berlebihan maka fungsi dari ginjal yang seharusnya mengeluarkan asam urat tersebut terganggu dan tidak mampu mengeluarkan semua asam urat yang terkandung dalam tubuh, sehingga Kristal asam urat akan menumpuk pada bagian persendian di tubuh kita yang akhirnya membuat sendi terasa nyeri, bengkak dan meradang.

    Purin adalah zat yang terdapat dalam bahan makanan yang berasal dari tubuh makhluk hidup, pada tiap makhluk hidup memiliki zat Purin dan jika memakan bahan makanan yang berasal dari makhluk hidup maka zat Purin yang terdapat di dalam makhluk tersebut akan berpindah ke tubuh kita. Pada beberapa buah-buahan dan sayuran juga mengandung zat Purin.

    Obat Asam Urat Alami

    Ciri-ciri dan Gejala Asam Urat

    Tanda-tanda yang biasanya akan kita rasakan sebagai gejala asam urat adalah timbulnya rasa nyeri dan sakit pada persendian terutama pada sendi jempol pada kaki, terkadang penderita akan merasa sangat sakit hingga menyebabkan si penderita kesulitan untuk berjalan.

    Gejala asam urat lebih sering muncul dan terjadi pada waktu malam hari, meski sebenarnya gejala asam urat kambuh bisa terjadi kapan saja.

    Tanda-tanda yang biasanya muncul bila kita terkena asam urat adalah seperti berikut ini :
    • Terjadi pembengkakan pada bagian persendian yang mengalami peradangan
    • Pada sendi yang mengalami peradangan kulit pada bagian tersebut berwarna kemerahan dan tampak mengkilap.
    • Bagian sendi yang terjadi peradangan akan terasa sangat sakit apabila tersentuh meski tersentuh dengan benda lunak sekalipun.
    • Pada saat peradangan mereda kulit pada bagian sendi tersebut akan terasa sangat gatal dan mengelupas.

    Obat Alami Penyakit Asam Urat

    Banyak sekali jenis obat-obatan yang ampuh untuk mengobati asam urat yang beredar dipasaran dengan harga yang bervariasi dari yang cukup murah hingga yang cukup mahal, bagi anda mungkin yang sedang mengalami kesulitan keuangan tentu saja akan kerepotan membeli obat tersebut.

    Nah berikut ini adalah cara pengobatan penyakit asam urat yang cocok bagi anda yang tidak terlalu suka menggunakan obat-obatan dengan bahan kimia, cara pengobatan dengan menggunakan bahan alami sebagai obat asam urat yang berikut ini bisa sobat coba lakukan.

    • Daun Salam
    Daun salam selain digunakan sebagai bumbu penyedap aroma masakan sayur asem, daun salam juga dapat digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi asam urat, dikarenakan pada daun salam terdapat zat tannin dan flavonoid.

    Cara mengobati asam urat dengan menggunakan daun salam, gunakan 15-20 lembar daun salam cuci bersih, tambahkan 3 batang sereh, rebus dengan air hingga mendidih, dinginkan dan minum secara rutin.
    • Jahe
    Jahe dikenal sangat bagus untuk digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi berbagai macam gangguan kesehatan seperti sakit flu dan hidung mampet, selain itu jahe juga sangat ampuh digunakan untuk mengatasi asam urat, gunakan 2 atau 3 rimpang jahe yang sudah dibersihkan, geprek dan seduh dengan segelas air panas bisa ditambahkan dengan gula atau madu, fungsi jahe dapat digunakan sebagai antiinflamasi yang dapat meredakan peradangan yang terjadi pada sendi penderita asam urat.
    • Daun Sambiloto
    Mengobati asam urat dengan menggunakan ramuan daun sambiloto segar sebanyak 60 gram ditambah dengan 50 gram kunyit, tambahkan 30gr daun sambiloto kering, rebus semua bahan dengan menggunakan 3 gelas air, tunggu hingga mendidih dan air berkurang menjadi setengah bagian, minum secara rutin 3 kali sehari pada waktu pagi, siang dan malam.
    • Lemon
    Dengan mengkonsumsi lemon dapat membantu menyembuhkan asam urat, dalam lemon terdapat kandungan zat yang dapat membantu menetralisir kandungan asam urat di dalam tubuh kita.
    • Minum Air putih
    Banyak minum air putih, dengan banyak minum air putih dapat membantu mencegah tingginya asam urat karena zat tersebut akan ikut larut tersaring dan dibuang oleh ginjal, konsumsi air putih sebanyak 8 gelas perhari sangat disarankan karena dapat membantu menjaga kesehatan tubuh.
    • Madu hitam
    Madu hitam pahit sangat bagus untuk di gunakan sebagai obat alami mengobati asam urat, madu dapat membantu ginjal dalam fungsinya untuk membersihkan tubuh dari kadar asam urat tinggi, madu dikenal memiliki banyak manfaatnya untuk menjaga kesehatan tubuh serta untuk obat alami mengatasi berbagai gangguan masalah kesehatan, seperti mengobati bibir pecah-pecah dan mengobati sariawan.
    • Cuka  Apel
    Cuka Apel terbukti dapat digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit termasuk juga sebagai obat asam urat yang ampuh, cuka apel membantu tubuh memproduksi zat Basa. Gunakan 1 atau 2 sendok makan cuka apel larutkan dengan 8 ons air, atau bisa juga langsung meminum cuka apel tanpa harus dicampur dengan air, cobalah kedua cara tersebut dengan dan rasakan mana yang lebih efektif untuk meredakan sakit asam urat yang sedang sobat derita.
    • Buah Nanas
    Didalam buah nanas terdapat senyawa kandungan yang bernama Bromelain/Bromelin, Bromelin adalah enzim proteolitik yang terdapat pada batang dan buah nanas, kegunaan enzim tersebut dapat digunakan sebagai pengurang rasa sakit dan pembengkakan akibat peradangan, selain itu dalam enzim tersebut memiliki sifat anti kanker.
    • Vitamin C
    Asupan vitamin C sangat bagus dan dibutuhkan oleh tubuh kita, selain itu vitamin C dapat digunakan untuk mengurangi kadar asam urat tinggi dalam tubuh, asupan suplemen vitamin C bisa dengan mudah sobat dapatkan di apotik, selain itu vitamin C bisa sobat dapatkan dengan menkonsumsi buah-buahan yang tinggi kandungan vitamin C nya seperti buah kiwi, buah ciplukan, buah jambu biji dan buah tomat.
    • Buah Ceri
    Buah ceri dapat membantu menurunkan kadar asam urat yang tinggi hal tersebut dikarenakan pada buah ceri banyak mengandung nutrisi dan kalium yang cukup tinggi, dengan mengkonsumsi jus buah ceri setiap hari dapat mengurangi resiko anda terserang asam urat, gunakan 10 hingga 12 buah ceri untuk satu kali ramuan jus ceri.
    • Ekstrak Biji Seledri
    Ekstrak biji seledri merupakan salah satu bahan obat alami sangat bagus untuk mengatasi asam urat, biji tanaman seledri sudah digunakan dari dulu untuk mengobati asam urat, rematik dan peradangan pada sendi, seledri bersifat sebagai obat penenang, antioksidan dan sebagai obat diuretik ringan yang dapat berfungsi sebagai antiseptic untuk kandung kemih, selain itu tanaman seledri juga berfungsi sebagai pencuci organ ginjal yang alami.
    • Berolah raga
    Berolah raga adalah salah satu kegiatan yang dapat mengobati berbagai macam gangguan kesehatan, dengan berolah raga dapat membantu mengurangi kadar asam urat tinggi dalam tubuh dengan menormalkan insulin.

    Selain menggunakan cara mengobati asam urat dengan menggunakan obat asam urat alami yang sudah disebutkan diatas, sobat juga bisa mengurangi resiko terkena asam urat dengan cara mengurangi konsumsi gula dan minuman yang bersoda tiap hari, selain itu jauhi alkohol karena alkohol dapat meningkatkan kadar asam urat dalam darah naik dan juga dapat menyebabkan gangguan kesehatan lainnya seperti gangguan gagal ginjal, asam lambung naik dan gangguan perut sebah.


    Jika ulasan artikel diatas bermanfaat dan berguna bagi anda, silahkan tolong bagikan dengan memencet tombol "bagikan" dibawah, terima kasih sudah berkunjung.

    Sumber referensi tulisan :
  • 0 komentar:

    Posting Komentar