• Perkembangan dan Pandangan Ahli Psikologi Pendidikan

    Apakah Perkembangan Itu?

    Istilah perkembangan pada definisi menurut para ahli psikologi mengacu pada perubahan-perubahan yang terjadi pada seseorang sejak di dalam kandungan hingga meninggal. Istilah perkembangan tidak selalu diterapkan pada semua perubahan yang terjadi, tetapi hanya mengacu pada perubahan-perubahan yang terjadi secara berurutan dan tetap bertahan dalam jangka waktu yang lama. Perubahan-perubahan singkat yang terjadi karena sebab seperti sakit, contohnya, tidaklah dimasukkan ke dalam perubahan perkembangan. Para ahli psikologi sebenarnya juga telah membuat kesepakatan mengenai perkembangan. Menurut para ahli perkembangan  adalah perubahan-perubahan untuk menjadi lebih baik (lebih maju) dan berdampak pada tingkah laku (perilaku) sehingga menjadi lebih adaptif, lebih terorganisasi, lebih efektif, dan lebih kompleks (Mussen, Conger, & Kagan, 1984).

    Apakah Perkembangan Itu? Pada tulisan ini bapak dan ibu guru akan membaca apa itu perkembangan pada siswa (anak) dan apa-apa saja prinsip dari perkembangan menurut ahli psikologi pendidikan
    apakah perkembangan itu?

    Perkembangan manusia dapat dibagi menjadi beberaca macam aspek, yaitu perkembangan fisik (physical development), perkembangan kepribadian (personal development), perkembangan sosial (social development), dan perkembangan kognitif (cognitive development). Perkembangan fisik berhubungan dengan perubahan-perubahan yang ada pada tubuh seseorang secara fisik. Perkembangan kepribadian adalah perkembangan yang berhubungan dengan perkembangan dalam kepribadian seseorang. Perkembangan sosial adalah perkembangan  yang mengacu pada perubahan-perubahan bagaimana seseorang berhubungan dengan orang lain. Sedang perkembangan kognitif adalah perubahan-perubahan yang terjadi pada proses berpikir seseorang.

    Teruskan Membaca »
  • 0 komentar:

    Posting Komentar