• Pesona Pantai Balongan di Kota Wisata Indramayu

    Kota Wisata Indramayu memiliki banyak tempat wisata yang indah dan mempesona. Tempat wisata terindah di Indramayu ini diantaranya adalah: Pulau Biawak, Pantai Tirtamaya, Kampung Wisata Sindang Ayu, dan Taman Cimanuk Indramayu. Dan ternyata dari beberapa tempat yang disebutkan tadi, masih ada satu tempat wisata yang jarang orang mengetahuinya, padahal tempat ini sudah lumayan lama dijadikan sebagai tempat wisata bagi masyarakat baik dari dalam maupun luar Kota Indramayu. Pantai Balongan Indah itulah orang mengenalnya. 

    Pantai Balongan Indah di Indramayu Kota Wisata

    Pantai Balongan Indah merupakan kawasan pantai wisata yang berada tidak jauh dari pusat Kota Indramayu, tepatnya terletak di Desa Balongan.  Pantai ini dari dulu memang dijadikan sebagai tempat wisata oleh masyarakat Indramayu dan sekitarnya. Ini adalah sebuah potensi yang bisa dimanfaatkan oleh warga Balongan untuk merintis sebuah tempat wisata yang bisa dikelola dengan baik.

    Ya, memang Balongan merupakan daerah yang potensial untuk dijadikan tempat wisata. Kenapa? karena daerah ini posisinya berada di pinggir laut atau daerah pantai. Apa yang terlintas dalam pikiran Anda, ketika Anda mendengar kata "pantai"? pikiran Anda langsung membayangkan sebuah tempat yang Indah, nyaman, fresh, ingin berenang, ingin memancing, ingin memandang birunya laut dan ombak yang berkejaran, serta mendengar deburan ombak dan kicauan burung camar. Wah... pokoknya yang indah-indah pasti terlintas dalam benak Anda. Kata pantai seolah-olah sudah identik dengan tempat wisata. Jadi, tepat kiranya jika masyarakat Balongan menjadikan pantainya menjadi sebuah tempat wisata dan sekaligus menambah koleksi destinasi wisata di Kota Indramayu.




    Masyarakat Balongan sudah merintis pantainya menjadi sebuah tempat wisata Pantai sejak tahun 2007. Dari tahun ke tahun, pantai yang dikelola oleh sebuah paguyuban warga setempat mengalami perkembangan yang cukup baik dan tidak terlepas dari pro kontra dalam pengelolaannya. Pembenahanpun dilakukan, mulai dari struktur kepengurusan/pengelolanya, penataan lokasi,  penyediaan fasilitas umum di tempat wisata, penataan pedagang sekitar tempat wisata, dan  sebagainya. Seiring dengan pembenahan yang dilakukan, jumlah pengunjungnya pun semakin bertambah. Wisatawan-wisatawan dari luar daerah indramayu pun banyak yang berkunjung ke pantai ini.

    Swadaya masyarakat Balongan mengubah pantainya menjadi sebuah tempat wisata, menyebabkan pantai ini eksis sebagai alternatif tempat wisata bagi para wisatawan baik dari dalam kota maupun luar kota Indramayu. Tidak terlepas dari efek negatif yang timbul, keberadaan pantai ini memberikan efek positif bagi warga sekitar dalam membangun kemandirian warga balongan. Wujud dari kemandirian ini adalah munculnya pedagang-pedagang dari warga setempat dan sekitarnya, terbukanya lahan pekerjaan, dan pengelolaan hasil usaha tempat wisata sebagai dana pembangunan desa.

    Kemandirian warga Balongan tentunya harus didukung oleh semua pihak ( pemerintah dan swasta ) agar bisa menjadi sebuah sinergi dalam melakukan pembangunan di Balongan. Bentuk dukungan tersebut bisa berupa material dan non material. Misalnya: mencarikan investor untuk pengembangan tempat wisata, mendukung kegiatan promosi ke luar,  memberikan pelatihan manajemen bagi pengelola, memberikan pelatihan ketrampilan bagi warga setempat dengan tujuan agar hasil ketrampilannnya tersebut bisa dipasarkan sebagai buah tangan khas dari Pantai Balongan Indah, dan masih banyak lagi bentuk dukungan yang bisa diberikan.

    Pembangunan fisik Pantai Balongan Indah Indramayu Kota Wisata


    Sekarang, Masyarakat Balongan patut bersyukur karena pantai ini terus berkembang dan didukung oleh dari Pemerintah Kabupaten Indramayu dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Tahun 2016 sekarang, pantai ini kembali dipercaya sebagai tempat penyelenggaraaan cabang olah raga Perahu Layar PON XIX Jabar yang kedua kalinya, yang sebelumnya acara serupa telah diselenggrakan pada tahun 2012 ditempat ini. Pembenahan fisikpun dilakukan demi terlaksananya acara tersebut. Efeknya tampilan fisik pantai balongan semakin bagus dan mempesona. Semoga ke depannya pantai ini bisa menjadi ikon tempat wisata yang paling mempesona di Kota Indramayu.

    Perahu Layar di Pantai Balongan Indramayu Kota Wisata


    Fasilitas apa saja yang ada di kawasan wisata pantai balongan indah kota Indramayu? Pantai balongan Indah memiliki banyak fasilitas yang mendukung para pengunjung untuk bisa menikmati suasana santai di pantai tersebut, seperti: Tempat berteduh, Warung, Musholah, Tempat Mandi bilas, gedung serbaguna/aula, sarana hiburan dan permainan air ( Banana Boat, peralatan renang, Mandi Bola, Ojek Perahu, dll ).

    Arena mainan anak di kawasan pantai balongan Indramayu Kota Wisata


    Sebelum Anda berlibur ke Pantai Balongan Indah, alangkah lebih baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu bagaimana situasi, kondisi, dan lokasi obyek wisata tersebut beserta tips-tipsnya untuk bisa berlibur dengan aman dan nyaman di pantai tersebut. Berikut penjelasan lengkap mengenai hal-hal yang berkaitan dengan Obyek Wisata Pantai Balongan Indah yang berada di kota wisata Indramayu.

    1. Tiket Masuk dan Parkir
    Tiket masuk Pantai Balongan Indah relatif murah. Per orang dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp.5.000,- dan bagi yang membawa kendaraan akan dikenakan biaya parkir sekitar Rp.3.000,- per kendaraan. Pada hari-hari tertentu, seperti liburan hari raya atau liburan nasional, biasanya pengelola obyek wisata tersebut akan mengenakan tarif khusus bagi para pengunjung. Misalnya: Tiket masuk menjadi Rp.12.000,-, namun pengunjung akan mendapatkan produk dari sponsor, biasanya rokok atau minuman.

    2. Fasilitas Renang
    Bagi Anda yang suka berenang, dipantai ini anda bisa berenang sepuasnya tanpa dipungut biaya lagi. Kecuali Anda ingin menggunakan fasilitas renang tambahan seperti ban, pelampung, atau selancar.. maka anda akan dikenakan biaya sewa fasilitas tersebut. Di pantai ini banyak disewakan alat2 untuk keperluan renang seperti ban, pelampung, selancar, dll. Rata-rata biaya sewa ban/pelampung/selancar sekitar Rp. 5.000,- bisa dipakai sepuasnya. Jadi bagi anda yang tidak ingin menyewa fasilitas tersebut, anda bisa menyiapkan fasilitas renang senidri dari rumah. sehingga anda tidak perlu merogoh kocek untuk sewa fasilitas renang tersebut.

    Bagi pengunjung yang suka berenang, harap diperhatikan rambu-rambu yang sudah ditentukan oleh pihak pengeleola. Pengunjung yang berenang dilarang untuk melewati batas aman yang sudah ditentukan oleh pihak pengelola. Ini dimaksudkan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan menyangkut keselamatan dan keamanan para pengunjung. Selain itu, jam berenang hanya dibatasi sampai pukul 16.30 WIB.

    3. Tempat Mandi Bilas
    Tempat mandi bilas tersedia dibeberapa tempat. Hampir setiap warung di pantai tersebut mempunyai tempat mandi bilas. Pengelola obyek wisata pun sudah menyediakan tempat khusus sebagai tempat mandi bilas. Air yang digunakan di tempat mandi bilas ini adalah air tawar. Bagi pengunjung yang menggunakan fasilitas mandi bilas tersebut akan dikenakan tarif sebagai berikut:
    • Buang Air kecil: Rp. 1.000,-
    • Buang Air Besar: Rp. 3.000,-
    • Mandi Bilas : Rp. 3.000,-
    4. Warung
    Di Pantai Balongan Indah banyak warung tersedia. Umumnya warung tersebut menjual minuman, makanan ringan, bakso/mie ayam, ikan bakar, dan jajanan lainnya. Jadi bagi para pengunjung yang tidak sempat membawa bekal.. jangan khawatir, disini para pedagang siap untuk memanjakan Anda dengan segala jajanannya... hehehe.. yang penting Anda siapkan fulusnya, tahu sendirikan kalau harga jajanan di obyek wisata tentunya lain dengan harga jajanan di tempat biasanya. Harganya jadi lebih mahal. Kalau Anda mau menghemat, sebaiknya Anda persiapkan bekal dari rumah. Tapi gak ada salahnya jajan... ya ikut bagi-bagi rejeki untuk para pedagang di sekitar pantai kan?

    5.Tempat Berteduh
    Kalau kita ke pantai tentunya kita harus siap untuk panas-panasan. tapi bagi yang gak suka panas-panasan, silahkan Anda berteduh di tempat atau gubuk-gubuk yang tersedia di pinggir pantai tersebut. Eiiitt... tunggu dulu, jangan asal berteduh ya. Ternyata gubuk-gubuk tersebut ada yang punya loh.. siapa??? yang punya gubuk-gubuk tersebut adalah para pemilik warung disitu. Memang sengaja para pemilik warung membuat gubuk-gubuk tempat berteduh supaya para pengunjung berteduh disitu dan harapannya pengunjung bisa jajan di warung tersebut. Jadi kalau Anda ingin berteduh di gubuk-gubuk tersebut, Anda diharuskan jajan ke warung tersebut. Kalau tidak jajan, Anda akan diminta untuk pindah oleh pemilik gubuk tersebut. Kacian deh luu..!!! makanya jajan dong.. hehehe.
    Tapi jangan khawatir, masih ada kok tempat berteduh yang gratisan alias gak harus jajan dulu untuk bisa menempatinya. dimana ya??? ya silahkan Anda berteduh atau beristirahat di Aula yang sudah disediakan oleh pihak pengelola. Anda bisa tiduran sepuasnya disitu tanpa harus khawatir diminta pindah tidur... tapi alas / tikarnya bawa sendiri ya..hehehe..  bagi yang lupa gak bawa tikar/ alas bisa sewa kok.. ya sekitar Rp.5.000,- biaya sewanya ( sepuasnya).. hehehe.

    6. Musholla
    Bagi yang beragama muslim, silahkan sholat tepat pada waktunya. Pihak pengelola menyediakan tempat sholat berupa musholla. Lokasi musholla berada di sebelah aula.

    7. Aula
    Pihak pengelola obyek wisata pantai Balongan Indah menyediakan sebuah aula yang cukup besar. Aula ini dijadikan sebagai tempat acara/even/hiburan, tempat pusat informasi, dan tempat istirahat/berteduh para pengunjung. Aula ini dibuat terbuka, lesehan, dan terdapat panggung di bagaian depannya. Bagi Anda yang ingin memakai aula tersebut untuk mengadakan even / acara dsb. anda bisa menyewa tempat tersebut.

    8.Tempat Parkir
    Tempat parkir yang sediakan oleh pihak pengelola cukup luas dan aman baik untuk parkir motor maupun parkir mobil. Dan para pengunjung juga bisa membawa masuk langsung kendaraaannya ke lokasi pantai.

    9. Arena Bermain / hiburan
    Arena bermain di obyek wisata ini sangat banyak. Pengunjung disajikan dengan permainan renang, ojek perahu, odong-odong, banana boat, kereta mini, permainan pasir, dll.

    10. Larangan
    Pihak pengelola memberikan rambu-rambu atau aturan demi kenyamanan dan keamanan para pengunjung. Berikut beberapa hal yang dilarang dilakukan oleh pengunjung di pantai balongan indah:

    • Pengunjung dilarang membawa minuman keras / narkoba/ dan sejenisnya
    • Pengunjung dilarang membawa barang2 yang berbahaya seperti senjata tajam, bahan peledak, dan sebagainya.
    • Pengunjung dilarang berenang diluar waktu dan batas aman berenang.

    Pemandangan Pantai dan Kilang Minyak Pertamina Balongan Indramayu Kota Wisata


    Wow seru bukan? Dan tidak hanya seru, dengan berwisata di tempat ini anda akan menikmati view laut dan kilang minyak Pertamina Balongan yang luar biasa Indah. Anda penasaran kan dengan pesona wisata pantai balongan Indah yang ada di Kota Kecamatan Balongan Indramayu ini? Makanya, segera kunjungi tempatnya. Tempatnya mudah diakses kok. Kalau dari terminal kota Indramayu Anda cukup naik sekali angkot 01 yang arah Balongan dan anda bisa turun langsung di gerbang tempat wisata Pantai Balongan Indah.

    Itu dulu ya tulisan saya seputar Pesona Pantai Balongan. Harapan saya, Semoga keberadaan tempat wisata Pantai Balongan Indah ini semakin menguatkan citra Indramayu sebagai Kota Wisata. Amin.




    Baca juga:
  • 0 komentar:

    Posting Komentar